Dark/Light Mode

Buka Pelatihan Latsitarda Nusantara

Kapolri Ungkap Peran Penting Soliditas Dan Sinergitas Hadapi Persoalan Bangsa

Jumat, 19 Mei 2023 20:29 WIB
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menghadiri acara pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-43 tahun 2023, di Sumatera Barat, Jumat (19/5). (Foto: Divhumas Polri)
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menghadiri acara pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-43 tahun 2023, di Sumatera Barat, Jumat (19/5). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengikuti acara pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-43 tahun 2023, di Sumatera Barat, Jumat (19/5), dengan tema 'Latsitarda Nusantara XLIII (43)/2023 Menuju Sumatera Barat Unggul'.

Kapolri menuturkan, Latsitarda Nusantara ini merupakan kegiatan latihan paripurna peserta yang terdiri dari matra TNI, Polri, IPDN, Politeknik Siber, serta mahasiswa dan mahasiswi di wilayah Sumatera Barat.

"Kegiatan ini yang utama adalah bagaimana agar seluruh peserta latsitarda betul-betul bisa berintegrasi dan bersinergi melaksanakan berbagai macam kegiatan, yang tentunya telah disiapkan. Kegiatan-kegiatan tersebut seluruhnya untuk masyarakat khususnya di wilayah Sumbar dalam bentuk kegiatan fisik dan non fisik," ujar Sigit dalam sambutannya.

Baca juga : Tinjau Pelabuhan Tanjung Perak, Kapolri Pastikan Pemudik Dapat Pelayanan Terbaik

Mantan Kabareskrim Polri ini pun berharap pada saat dan setelah Latsitarda Nusantara ini dilakukan terjalin sinergitas dan soliditas antara seluruh stakeholder.

Baik itu TNI, Polri, IPDN, lembaga Politeknik Siber, mahasiswa maupun masyarakat.

"Para peserta diharapkan betul-betul bisa merasakan bagaimana semakin hari yang namanya soliditas dan sinergitas itu sangat penting, apalagi menghadapi berbagai macam persoalan bangsa yang tentunya semakin berat ke depan," tuturnya.

Baca juga : Harlah PMII Ke-63, Bangun Soliditas Dan Solidaritas Pergerakan

Ia pun mencontohkan sinergitas dan soliditas kuat antar stakeholder, yang membuat bangsa ini mampu melewati pandemi Covid-19 dengan baik.

Saat ini, mantan Kapolda Banten itu menuturkan, Indonesia juga butuh soliditas dan sinergitas dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

"Kita juga akan menghadapi tahapan tahun pemilu dan dibutuhkan persatuan, kesatuan, soliditas dan sinergitas. Walaupun kita berbeda pendapat, kita akan memasuki tahapan untuk menentukan calon pemimpin nasional, namun yang namanya persatuan dan kesatuan tetap harus dijaga," ingat Sigit.

Baca juga : Wujudkan Pemilu Berkualitas Tanpa Konflik, Butuh Peran Semua Komponen Bangsa

Latsitarda, merupakan salah satu gelaran penting untuk meningkatkan rasa soliditas, sinergitas, persatuan dan kesatuan, untuk menjaga bangsa dan negara.

"Karena mereka (peserta Latsitarda) adalah calon-calon pemimpin bangsa dan nasional di masa akan datang," tandas Sigit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.