Dark/Light Mode

Beda Pilihan Jangan Picu Perpecahan

Ormas Dan Tokoh Agama Jadi Kunci Jaga Persatuan

Rabu, 29 Maret 2023 03:45 WIB
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi. (Foto: Humas Kemenag).
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi. (Foto: Humas Kemenag).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak bisa dipungkiri bakal menimbulkan perpecahan di masyarakat. Karena itu, peran tokoh agama sangat diperlukan untuk menjadi kunci menjaga persatuan.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi mengatakan, semua organisasi masyarakat (ormas) dan para tokoh agama harus turut andil menjaga kesuksesan Pemilu 2024.

Dia mengatakan, para tokoh agama dan para pimpinan ormas merupakan kunci berjalannya pemilu yang demokratis, jujur dan adil.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi Korban Kebakaran Plumpang, Relawan Sandi Uno Beri Bantuan

“Sehubungan dengan sudah masuknya tahun politik, saya mengajak seluruh pimpinan ormas Islam, para ulama dan tokoh agama untuk mensukseskan agenda lima tahunan ini,” ajaknya.

Dia mengajak seluruh pihak berpolitik secara moderat. Zainut mengingatkan, perbedaan pilihan tidak boleh menjadi mu­sabab perpecahan di masyarakat. Moderasi dalam berpolitik penting diimplementasi­kan kepada warga bangsa. “Jadi, perbedaan pilihan tidak menjadi alasan lahirnya per­pecahan,” ungkapnya.

Zainut meminta para tokoh agama dan para pimpinan ormas meakukan edukasi kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya secara cerdas, bebas, demokratis, dan bertanggung jawab.

Baca juga : MPR Ingatkan Pentingnya Keterwakilan Daerah Dalam Lembaga Perwakilan

Dia juga berharap, para tokoh agama turut berperan aktif menjaga nilai persaudaraan dan kerukunan di tengah masyarakat.

“Para pimpinan ormas Islam, ulama dan tokoh agama, saya harap mampu mengajak masyarakat agar menjaga nilai-nilai persatuan,” imbuhnya.

Bagi Zainut, penyelenggaraan pemilu merupakan sebatas agenda lima tahunan saja. Tidak akan sebanding jika harus mengorbankan persaudaraan. Sementara persaudaraan bersifat selamanya.

Baca juga : Lapor, Banyak Jalan Rusak & Berlubang

“Mari tetap kita menjadi saudara, su­dah tidak ada lagi kubu-kubuan,” tandas Zainut.

Analis Kebijakan Ahli Madya Subdit Kemitraan dan Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Prayogo Hari Cahyono mengatakan, pihaknya telah melakukan pemberdayaan ormas sesuai dengan bidangnya. Salah satunya un­tuk sosialisasi dan pendidikan politik. Dengan begitu, diharapkan persentase pemilih cerdas terus meningkat.

Menurutnya, peran ormas pada pelak­sanaan Pemilu 2024 yaitu memban­tu menyiapkan kader dan kelompok masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pemilu yang akan datang, mewujudkan pola interaksi yang sehat dan lebih luas, antara penyelenggara pemilu, peserta, dan masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.