Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mahfud Jadi Plt Menkominfo

Reshuffle Kabinet Rame Lagi

Sabtu, 20 Mei 2023 08:13 WIB
Presiden Jokowi melayani wawancara para wartawan, sebelum terbang ke Jepang untuk menghadiri KTT G7, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (19/5). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi melayani wawancara para wartawan, sebelum terbang ke Jepang untuk menghadiri KTT G7, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (19/5). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menonaktifkan Johnny G Plate, yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G, dari jabatan Menkominfo. Untuk mengisi kekosongan jabatan sementara, Jokowi menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Plt Menkominfo. Lalu siapa yang nanti akan menjadi Menkominfo definitif? Jokowi belum kasih tanda. Makanya, kemudian isu reshuffle kabinet yang sudah lama tenggelam, jadi rame lagi.

Penunjukan Mahfud sebagai Plt Menkominfo disampaikan Jokowi saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, kemarin. "(Plt) Pak Menko Polhukam," ujar Kepala Negara.

Jokowi belum menyampaikan kapan akan mengangkat Menkominfo definitif. Meski begitu, isu reshuffle kabinet sudah berhembus kencang. Jatah Partai NasDem, tempat bernaung Plate, disebut-sebut akan dikurangi. Dengan begitu, jabatan Menkominfo tidak akan diisi lagi oleh kader NasDem.

Saat ini, ada tiga nama yang santer disebut akan menjadi Menkominfo. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Ketua Umum Perindo/Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo, dan Direktur Digital Telkom Fajrin Rasyid.

Baca juga : Jokowi Tunjuk Mahfud Sebagai Plt Menkominfo, Pengganti Plate

Pihak Perindo nggak mau geer dulu dengan isu bosnya akan menjadi Menkominfo. Ketua Bidang Politik dan Kebijakan Publik DPP Partai Perindo Heri Budianto menyatakan, reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden. Dia menegaskan, Perindo tidak meminta jatah apapun dalam kabinet, meski beberapa hari terakhir Hary Tanoe sering mondar-mandir ke Istana Presiden.

"Sebagai partai koalisi, Perindo selalu mendukung langkah Presiden. Mengganti menteri adalah kewenangannya presiden," ujarnya.

Untuk waktu reshuffle, Heri menegaskan, Jokowi yang paling tahu. Namun, dia yakin, reshuffle tidak akan lama lagi. "Kami yakin Presiden akan melakukannya di waktu yang tepat," pungkasnya.

Sementara, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai, penunjukan Mahfud sebagai Plt Menkominfo merupakan solusi sementara. Menurutnya, dalam beberapa waktu ke depan, Jokowi akan mengangkat Menkominfo definitif.

Baca juga : Jadi Tersangka, Menkominfo Johnny G Plate Punya Harta Rp 191 Miliar

"Sampai Presiden Jokowi bisa mencapai konsensus dengan mitra koalisi pemerintah di kabinet, soal siapa sosok yang pas mengisi kursi Menkominfo," ujarnya.

Di dunia maya, warganet juga ramai membicarakan isu reshuffle ini. Bahkan, ada yang mengusulkan nama-nama yang dinilai punya kapasitas dan kualitas dalam bidang teknologi informasi. Salah satu yang diajukan adalah Onno Widodo Purbo. "Pak (Jokowi) tolong jadikan Pak @onnowpurbo jadi Menkominfo," usul akun @c0mbra1n.

Hal senada disampaikan akun @IrfFTNY. Menurutnya, Onno adalah pencetus internet gratis untuk seluruh rakyat Indonesia. Lewat akun YouTube, Onno juga kerap membagikan informasi seputar teknologi. Dengan kemampuan itu, diyakini sosoknya mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan akses informasi dan teknologi.

"Pak mohon stafnya mengecek channel YouTube om @onnowpurbo. Beliau salah satu dari pencetus internet gratis untuk rakyat. Mohon ajukan ke Pak @jokowi untuk mengangkat beliau sebagai Menkominfo, hanya dia kandidat yang paling kompeten," kicaunya.

Baca juga : Reshuffle Kabinet Setelah Lebaran

Ada juga netizen yang membandingkan era Kemenkominfo saat dijabat Rudiantara. Pada waktu itu, kinerjanya lebih baik daripada zaman Plate.

"Salah satu Menteri terbaik era Jokowi, Rudiantara, Menkominfo sebelum Johnny Plate. Rudiantara sukses merampungkan Palapa Ring pada 2019 sejak dimulai 2015 (kabel optik darat dan laut) tanpa korupsi. Kerjaan Johnny Plate sebenarnya jauh lebih gampang, tinggal membangun tower BTS," tulis akun @Miduk17.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.