Dark/Light Mode

Ingin Warga Mandiri

Ustadz Sahabat Ganjar Gelar Pelatihan Bilal Mayit Di Medan

Rabu, 24 Mei 2023 21:15 WIB
Relawan Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) menggelar pelatihan praktik bilal mayit atau memandikan jenazah, di daerah Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut, Rabu (24/2). (Foto: Ist)
Relawan Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) menggelar pelatihan praktik bilal mayit atau memandikan jenazah, di daerah Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut, Rabu (24/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) menggelar pelatihan praktik bilal mayit atau memandikan jenazah, Rabu (24/2). Pelatihan yang turut mengundang beberapa ustaz di Medan itu digelar di daerah Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut. 

Ratusan jemaah dari Majelis Taklim Al-Hikmah di Medan Marelan ikut serta dalam pelatihan ini. 

Koordinator Daerah Usbat Medan, Muhammad Nizar Nur mengatakan, pelatihan ini ditujukkan untuk menciptakan kemandirian pada masyarakat. Sehingga bila ada kerabatnya yang meninggal, mereka bisa memandikannya secara mandiri. 

"Jadi, untuk keperluan memandikan jenazah balik ke lingkup keluarga. Andai kata terjadi kekosongan bilal mayit, misal saat banjir, ataupun sebagainya. Maka bila ada bilal mayit di tengah keluarga, maka sudah standbye ada yang memandikan," ujar Nizar. 

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Menghias Bento Cake Di Palembang

Nizar menjelaskan, pelatihan bilal mayit menjadi sangat penting karena memandikan jenazah memiliki dasar hukum fardu kifayah. 

"Bilal mayit ini secara hukum itu fardu kifayah. Disaat ada seseorang yang sudah melakukan itu, maka gugurlah kewajiban seluruh (orang-orang di daerah tersebut). Sudah terlepas kewajibannya," jelasnya. 

Lebih lanjut, Nizar mengatakan pihaknya akan kembali menggelar pelatihan untuk menambah keterampilan umat muslim di wilayah lainnya di Sumut. 

"Kami akan terus melaksanakan kegiatan seperti ini, untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. Dasarnya tentang kepentingan-kepentingan umat," kata Nizar.

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Gelar Baksos Perbaikan Saluran Air Di Subang

Selain pelatihan tata cara pengurusan jenazah, dalam kunjungannya ke Rengas Pulau, relawan juga menggelar sejumlah kegiatan positif lainnya. 

Usbat Sumut menyerahkan bantuan pengeras suara, karpet, dan mukena. Nantinya, pengeras suara dan karpet tersebut akan digunakan untuk kemaslahatan majelis-majelis taklim di sana. 

"Yang pasti kegiatan ini terinspirasi dari figur Ganjar Pranowo, karena beliau ini amat sangat cinta dan mendukung dengan kemaslahatan umat," pungkasnya. 

Perkuat Silaturahmi dengan Jemaah Majelis di Medan

Baca juga : Usbat Ganjar Berikan Pelatihan Tahtim Dan Tahlil Di Medan

Salah satu tokoh masyarakat di Medan Marelan, Ismail Harun menyambut baik kegiatan dan bantuan yang diberikan oleh relawan Usbat Sumut. Kegiatan ini berguna untuk memperkuat jalinan tali silaturahmi antara relawan dengan jemaah majelis taklim. 

"Disamping menguatkan silaturahmi, menambah ilmu pengetahuan. Karena yang banyak bergerak di masyarakat itu kan kaum ibu-ibu. Artinya menamkan keilmuan kepada ibu-ibu, khususnya tentang bilal mayit ini," kata Ismail. 

Terkait pelatihan bilal mayit, Ismail menyebut kegiatan tersebut sangat berguna. Dia mengatakan masih banyak keluarga di Medan Marelan yang kebingungan mencari bilal bila ada kerabatnya yang meninggal dunia. 

"Kalau bisa lebih ditingkatkan lagi untuk menambah wawasan. Bukan hanya (pelatihan) bilal mayit, terutama ibu-ibu kan juga perlu yang namanya tahsin, supaya lebih bagus ketika membaca Al-Qur’an," harapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.