Dark/Light Mode

Hack4ID, Wadah Pemuda Sumatera Selatan Belajar Jadi Starup Founder

Jumat, 26 Mei 2023 14:04 WIB
Palcomtech Group menggelar Hack4ID di Gedung Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech di Palembang, Sumatera Selatan. (Foto: Dok. Kemebkominfo)
Palcomtech Group menggelar Hack4ID di Gedung Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech di Palembang, Sumatera Selatan. (Foto: Dok. Kemebkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Gerakan Nasional 1000 Startup bekerjasama dengan Palcomtech Group menggelar Hack4ID di Gedung Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech, Kota Palembang,  Sumatera Selatan.

Kegiatan tersebut diikuti 50 orang peserta terseleksi dari 144 orang yang berasal dari mahasiswa maupun karyawan swasta.

Kegiatan ini bertujuan menciptakan kolaborasi di antara para pelaku industri startup untuk meningkatkan kualitas calon startup founders dengan inovasi digital untuk menyelesaikan permasalahan industri.

Berdasarkan data milik Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, jumlah entrepreneur di Indonesia baru mencapai 3,47 perseb dari total penduduk hingga tahun 2021 lalu.

Sejalan pula dengan visi “Mendukung Akselerasi Transformasi Digital” yang telah dideklarasikan Presiden Jokowi untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Baca juga : Mahfud: Penahanan Plate Sesuai Hukum Dan Jadi Keharusan Hukum

Kemenkominfo berkolaborasi dengan para penggerak ekosistem digital untuk menginisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dengan tujuan meningkatkan jumlah kewirausahaan ekonomi digital di Indonesia.

Kegiatan Hack4ID yang digelar akhir pekan lalu ini dibuka Wakil Rektor I Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech, Adelin.

"Tujuan dari penyelenggaraan Hack4ID by Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Institut Palcomtech Palembang Sumatera Selatan adalah untuk menyemangati para pemuda untuk dapat membangun startup-nya masing-masing," ujar Adelin dalam keterangannnya, Kamis (25/5)

Menurutnya, memaksimalkan pertemuan karena kesempatan seperti ini tidak datang setiap saat.

"Saya sangat berharap teman-teman mahasiswa bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan hari ini serta semoga ke depannya bisa memulai membangun startupnya masing-masing,” tutur Adelin.

Baca juga : Mak Ganjar Peduli Kesehatan Gelar Posyandu Di Lampung Timur

Adelin juga turut menyoroti potensi anak-anak muda di Palembang dan percaya bahwa mahasiswa di Palembang memiliki potensi sebagai seorang entrepreneur muda dan memanfaatkan teknologi digital.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi dari Chief Technology Officer (CTO) dari Two Point Five & Co-Founder Deeptech Foundation, Sofian Hadiwidjaya.

Sofian menyampaikan, bahwa menemukan ide untuk mendapatkan solusi merupakan salah satu cara berpikir dari setiap founder startup dalam mendapatkan jawaban atas sebuah permasalahan.

“Menemukan ide dan mencari perbandingan untuk melakukan validasi atas solusi tersebut menjadi sebuah pola pikir yang penting dalam memulai sebuah startup," ujar Sofian.

Menurutnya, melakukan problem solution disini adalah memahami atau menemukan solusi dari sebuah permasalahan yang menjadi penghalang dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Baca juga : Tak Perlu Ke Singapura, Kue Manis Macaron Bakal Hadir Di Indonesia

Lebih lanjut Sofian mengatakan, dengan materi mengenai Talking to Human yang bertujuan untuk mendapatkan solusi dari sudut pandang konsumen terhadap produk yang kita buat dan mengerti apa yang diinginkan pasar.

“Dasar pemikiran startup adalah menciptakan solusi dan inovasi untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan pasar," ujar Sofian.

Bukan hanya itu, terdapat resiko yang tidak mudah tetapi harus dihadapi untuk tetap grow.

Sementara kegiatan Hack4ID S diisi Team Working/Mentoring yang dipandu oleh Faizah selaku Research & Curriculum Development 1000 Startup Digital.

Pada sesi ini dijelaskan pula bahwa, untuk membangun startup kita harus memiliki pola pikir How might we dan sprint goal setting dalam mencari pembeda dari pemecahan masalah dan bagaimana cara mengatasinya ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.