Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tuan Guru Sahabat Ganjar Gelar Pelatihan Makhorijul Huruf Di Deli Serdang

Jumat, 26 Mei 2023 18:32 WIB
Relawan pendukung Ganjar Pranowo menggelar pelatihan makhorijul huruf di Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Jumat (26/5). (Foto: Ist)
Relawan pendukung Ganjar Pranowo menggelar pelatihan makhorijul huruf di Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Jumat (26/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat membaca Al-Qur’an, tiap muslim wajib melafalkan huruf hijaiah dengan benar agar tidak menimbulkan perbedaan arti. Sebab itu, umat muslim harus memahami makhorijul atau ketepatan huruf.

Hal ini yang coba digaungkan relawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumatera Utara (Sumut). Relawan pendukung Ganjar Pranowo itu ingin agar masyarakat bisa mempelajari makhorijul huruf. 

Sebab itu, mereka menggelar pelatihan makhorijul huruf pada Jumat (26/5) di Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumut. 

Koordinator Wilayah TGS Ganjar Sumut, Zulfi Andika menjelaskan bahwa makhorijul huruf memiliki arti tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf tersebut dibunyikan. 

Dia menyebut, makhorijul huruf merupakan metode yang baik untuk belajar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. 

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Cara Buat Bucket Balon

"Makhorijul huruf ini sangat penting untuk dipelajari, karena begitu nanti huruf hijaiah salah melafalkannya, itu bisa berbeda maknanya," kata Zulfi. 

Pelatihan mahkorijul huruf yang digelar relawan TGS meliputi pengenalan tajwid, pelafalan huruf hijaiah dan tajwid yang benar hingga cara menulis huruf hijaiah dengan rapi.

Puluhan warga dari berbagai daerah di Kecamatan Sunggal ikut serta dalam pelatihan dari relawan TGS Ganjar ini. Mayoritas dari mereka merupakan jemaah dari majelis-majelis taklim di Sunggal. 

"Kami mengundang pemateri yang terampil, paham, dan juga fasih dalam membaca Al-Qur’an. Dia mampu dan memang membidangi bidang ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an," jelas Zulfi. 

Proses pelatihan berlangsung interaktif. Para peserta diajak berpraktik langsung membaca Al-Qur’an sesuai dengan makhorijul huruf yang telah diajarkan. 

Baca juga : Stafsus Wapres: Cara Ganjar Kelola Konflik Wadas Bisa Direplikasi Secara Nasional

Zulfi berharap pelatihan ini bisa menambah wawasan dan keterampilan warga dalam membaca Al-Qur’an yang baik, benar, dan sesuai dengan terjemahannya. 

"Harapan kami, setelah melakukan kegiatan ini, kepada masyarakat agar lebih giat lagi membaca Al-Qur’an, lebih mencintai Al-Qur’an," kata Zulfi. 

"Dan kita juga sangat mendukung untuk ke depannya masyarakat ini, untuk generasi-generasi ke depannya bisa mencetak penghafal-penghafal Al-Qur’an," sambung dia. 

Selain itu, TGS Ganjar juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada jemaah majelis-majelis taklim yang hadir dalam pelatihan tersebut. Mulai dari bantuan pengeras suara, karpet, hingga buku-buku panduan makhorijul huruf. 

Relawan ini pun berkomitmen untuk terus menggelar pelatihan-pelatihan yang bermanfaat untuk umat muslim di wilayah lainnya di Sumut. 

Baca juga : Jelang Iduladha, TGS Ganjar Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Ini menjadi misi relawan TGS Ganjar yang ingin menunjukkan manfaatnya kepada masyarakat saat mensosialisasikan sosok Ganjar. 

"Kami terinspirasi dari Ganjar Pranowo yang mana kami sangat berpedoman pada beliau, terutama pada gerakan-gerakan biasa beliau lakukan di bidang keumatan." pungkas Zulfi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.