Dark/Light Mode

Moeldoko Puji Tata Kelola Pertambangan PT Vale

Selasa, 30 Mei 2023 13:20 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat mengunjungi operasi PT Vale, di Sorowako, Luwu Timur, Selasa (30/5).
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat mengunjungi operasi PT Vale, di Sorowako, Luwu Timur, Selasa (30/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengapresiasi komitmen PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dalam mengelola pertambangan.

PT Vale berhasil menerapkan prinsip berkelanjutan. Bahkan, Ia sangat terkesan dengan tata kelola lingkungan yang dimiliki oleh perusahaan tambang nikel tersebut.

Hal itu disampaikan Moeldoko didampingi Deputi II KSP Abetnego Tarigan saat mengunjungi operasi PT Vale, di Sorowako, Luwu Timur, Selasa (30/5).

Baca juga : Ketum MIPI Dorong Penguatan Dialog Ilmu Pemerintahan

Pada kunjungannya, Moeldoko melihat proses pertambangan dan pengangkutan bijih nikel, termasuk proses reklamasi, rehabilitasi lahan di bukit Solia, hingga area persemaian.

Tak cukup sampai di situ. CEO PT Vale, Febriany Eddy mengajak Moeldoko mengunjungi Taman Keanekaragaman Hayati Sawerigading Wallace, yang di dalamnya tumbuh tujuh puluh lebih jenis pepohonan lokal dan endemik.

"Saya sudah melihat sendiri bagaimana lokasi bekas tambang bisa pulih seperti semula. Termasuk keanekaragaman hayatinya. PT Vale benar-benar komitmen pada persoalan lingkungan sosial. Indikator sangat nyata,” tuturnya.

Baca juga : KPU Belum Pikirkan Perubahan Sistem

Menurut Moeldoko, sepanjang pengelolaan pertambangan dilakukan dengan praktik pertambangan yang baik (good mining practice), maka lingkungan dan keberlanjutan perusahaan akan terus terjaga.

"Sebab tren ke depan adalah ekonomi hijau dan keberlanjutan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Moeldoko juga menyambut baik upaya PT Vale dalam menjaga kondisi sosial kemasyarakatan.

Baca juga : Kemajuan Teknologi Picu Peningkatan Keterlibatan Perempuan Dalam Terorisme

Ia mencontohkan program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) yang dinilai berkontribusi pada target pencapaian daerah dan nasional. Terutama terkait dengan stunting dan kemiskinan ekstrem.

Selain itu, masih kata Moeldoko, penyerapan tenaga kerja lokal juga sangat besar. Termasuk, dari kaum perempuan.

"Saya tadi ketemu sama supir kendaraan berat tambang perempuan orang lokal. Ini artinya bagus, karena perempuan lokal diberikan kesempatan untuk berdaya,”pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.