Dark/Light Mode

Jokowi Di Hari Pancasila

Teruskan Pembangunan, Tolak Politisasi Identitas

Jumat, 2 Juni 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Kesultanan Deli saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, kemarin. (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM).
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Kesultanan Deli saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, kemarin. (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM).

 Sebelumnya 
Jokowi mengatakan, sebagai negara besar, Indonesia harus duduk sejajar dengan bangsa lain. Indonesia siap bekerja sama, siap memimpin, dan ingin bekerja sama, ingin berkolaborasi dengan negara manapun, dan menjadi titik temu serta jembatan dari perbedaan-perbedaan yang ada di dunia.

Dia juga berpesan agar Pemilu 2024 menjadi ajang pesta demokrasi yang penuh dengan kedewasaan, sukacita, dan memegang teguh nilai-nilai Pancasila. “Toleransi persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh. Saya mengajak semuanya untuk menolak ekstrimisme menolak politisasi identitas, menolak politisasi agama,” tekan Jokowi.

Baca juga : Mahfud Tampung Usulan Bangun Museum Bung Karno Di Ende

Sebelumnya, Jokowi siap turun tangan untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan baik dan pembangunan terus berkelanjutan. Jokowi menegaskan, untuk kepentingan bangsa dan negara, dirinya siap cawe-cawe.

Jokowi memastikan, cawe-cawe yang dimaksudnya mengarah ke langkah positif. Jokowi ingin memastikan penerusnya dapat mengawal dan melanjutkan kebijakan-kebijakan strategis, seperti pembangunan IKN Nusantara, hilirisasi, hingga transisi energi bersih.

Baca juga : Mari Selami Warisan Pemikiran Bung Karno Di Perpusnas!

Dia menjelaskan, Indonesia butuh keberlanjutan pembangunan untuk menjadi negara maju. Untuk itu, diperlukan sosok pemimpin yang mau melanjutkan berbagai pembangunan yang sudah dilakukan selama ini. Jokowi tak ingin penerusnya nanti malah menghentikan berbagai upaya pembangunan yang sudah berjalan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.