Dark/Light Mode

BPIP: Jokowi Akan Hadiri Harlah Pancasila Di Monas

Rabu, 31 Mei 2023 20:33 WIB
BPIP menggelar jumpa pers Hari Lahir Pancasila. (Foto: Ist)
BPIP menggelar jumpa pers Hari Lahir Pancasila. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjanjikan peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila tahun ini akan digelar secara guyup dan megah pada Kamis (1/6). Pusatnya digelar di Lapangan Monas, DKI Jakarta dengan inspektur upacara Presiden Jokowi.

Bukan hanya ibu kota, peringatan Harlah Pancasila akan dilaksanakan serentak di 553 titik kabupaten/kota/provinsi se-Indonesia. Adapun pelaksanaan upacara di Ende, Nusa Tenggara Timur konon akan dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

Hal tersebut diungkap dalam konferensi pers di Jakarta, kemarin. Hadir Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Wakil Kepala BPIP Karjono, Sestama BPIP Adhianti, dan 5 Deputi. 

Yudian menjelaskan, peringatan diatur dalam Keputusan Presiden Indonesia No. 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menyatakan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. 

Baca juga : Kepala BPIP Ajak Masyarakat Ikut Upacara Harlah Pancasila

Adapun tema kali ini 'Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global'. 

"Momentum Harlah Pancasila menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu membahu mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih maju dan pusat peradaban dunia," ungkap Yudian.

Adapun upacara akan melibatkan lebih dari 4 ribu orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas, dan panitia upacara.

Karjono menambahkan, peringatan Harlah Pancasila juga akan melibatkan Paskibraka di seluruh Indonesia dalam jumlah yang masif.

Baca juga : Bank Mandiri Mudahkan Pembelian Motor Listrik Volta Di Fitur Livin` Sukha

"Karena ada mandat Perpres No. 51 tahun 2022 tentang program Paskibraka yang mewajibkan Paskibraka selain menyelenggarakan upacara 17 Agustus juga bertugas di 1 Juni. Berdasarkan Perpres ini, besok yang bertugas di seluruh Indonesia ada sekitar 25 ribu pemuda," terangnya.

"Ini juga pelaksanaan yang cukup raksasa. Terkait pengamanan, ada paspampres, TNI, Polri," tambahnya. 

Tak hanya di lingkup pusat dan kabupaten/kota/provinsi, ia berharap kementerian/lembaga turut memperingati Harlah Pancasila. Dengan demikian, upaya gotong royong dan membumikan Pancasila bisa dilakukan bersama-sama se-Tanah Air.

Sementara itu, Perwakilan Pemprov DKI, Kepala Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri mengatakan peringatan Harlah Pancasila yang akan digelar di Monas menjadi anugerah tersendiri bagi DKI Jakarta. 

Baca juga : Jokowi: Saya Akan Cawe-Cawe Demi Bangsa Dan Negara

"Simbol persatuan itu di Monas dikembangkan, maka simbol persatuan itu makin berkibar lagi. Monas menjadi sinar yang kuat bagi penerangan Indonesia ke depan," serunya.

Selain menggelar upacara, BPIP juga menghadirkan Pancasila Virtual Expo mulai 28 Mei-18 Agustus 2023. Dengan mengakses pancasilaexpo2023.bpip.go.id, masyarakat bisa mengeksplorasi tentang Pancasila, mulai dari sejarah, film, aktualitas, temu ilmiah, teknologi, dan lain sebagainya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.