Dark/Light Mode

Belum Melabuhkan Pilihan

Airlangga Mencari Jalan Terbaik

Selasa, 6 Juni 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sambutan saat pembukaan Rapat Kerja Nasional 2023 bertema Bersama Menangkan Hati Rakyat Majukan Indonesia di DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (4/6/23). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sambutan saat pembukaan Rapat Kerja Nasional 2023 bertema Bersama Menangkan Hati Rakyat Majukan Indonesia di DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (4/6/23). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dibanding PAN dan PPP, tinggal Golkar dari anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang masih terlihat adem ayem. Partai yang dinahkodai Airlangga Hartarto itu masih belum melabuhkan pilihan politiknya. Airlangga yang sudah diberi mandat Golkar menentukan peta koalisi untuk Pilpres 2024, masih mencari jalan yang terbaik.

Setelah PPP, kini PAN yang merupakan bagian dari KIB mulai tunjukkan arah politiknya. Partai yang digawangi Zulkifli Hasan itu mulai mengerucut arah politiknya. Yakni ke poros Ganjar Pranowo atau poros Prabowo Subianto. Ini dibuktikan, usai menyambangi PDIP, PAN kemarin menerima kedatangan elit Partai Gerindra.

Meskipun dua rekan partainya sudah memilih jalan berbeda, Airlangga masih tetap tenang. Usai mengikuti rapat internal dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, kemarin, Airlangga menegaskan bahwa KIB masih solid.

Baca juga : Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Airlangga Resmikan Wiraraja Industrial Park Di Kepri

“Tidak ada yang bubar, baik-baik saja,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (5/6/2023).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini pun menegaskan, dalam waktu dekat Golkar dan PAN akan melakukan koordinasi terkait arah koalisi menjelang Pilpres 2024. Termasuk membicarakan potensi dukungan kepada Ganjar Pranowo, bersama PDIP dan PPP.

“Kemarin Pak Ketua Umumnya, Pak Zulhas (Zulkifli Hasan) mengatakan akan koordinasi dengan Partai Golkar juga. Nanti kami akan bahas,” katanya.

Baca juga : Airlangga Tak Mau Grusa Grusu

Airlangga juga memberi respons santai mengenai pertemuan yang terjadi antara PAN dengan Partai Gerindra, kemarin. Dia mengatakan, pertemuan tersebut justru bisa membuka pintu terbentuknya koalisi baru.

Baik itu kerjasama politik bersama Ketum Gerindra, Prabowo Subianto atau berduet dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam Pilpres 2024. “Semua opsi terbuka,” ujarnya.

Apalagi kata Airlangga, sampai saat ini arah koalisi maupun sosok capres dan cawapres yang diusung Partai Golkar masih ada dalam genggamannya. Sehingga dia yakin tidak akan ketinggalan kereta, meski partai lain sudah sibuk merapatkan barisan.

Baca juga : Belum Sreg Dukung Ganjar, Zul Sedang Galau

“Rakernas sudah jelas mandatnya bahwa Ketua Umum Golkar diminta untuk nanti memutuskan capres, cawapres, dan koalisi partai politik,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.