Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kursi Menkominfo Masih Kosong

Presiden Belum Kepikiran Cari Pengganti

Kamis, 8 Juni 2023 08:00 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca ditahannya Johnny G Plate oleh Kejaksaan Agung karena diduga korupsi proyek BTS, kursi menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) masih kosong. Memang, saat ini Menko Polhukam Mahfud MD ditunjuk sebagai Plt Menkominfo, tapi yang definitifnya belum ditunjuk. Saat ditanyakan soal ini, Presiden Jokowi pun mengaku belum kepikiran mengangkat Menkominfo yang baru.

Kemarin, Jokowi ditanya wartawan soal pengganti Plate dan reshuffle saat hendak bertolak ke Singapura untuk menghadiri Ecosperity Week 2023, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, kemarin.

“Belum,” jawab Jokowi.

Belum puas dengan jawaban tersebut, awak media kembali bertanya kepada Jokowi. Kali ini lebih spesifik. Apakah calon pengganti Plate akan diisi oleh politisi Partai NasDem?

Baca juga : Mega: Ngapain Saya Tekan Presiden? Saya Ini Orang Taat Aturan

Jawaban Jokowi pun sama. “Belum,” ucap mantan gubenur DKI Jakarta itu, sembari tersenyum.

Tak puas dengan jawaban itu, awak media mengarahkan pertanyaannya ke Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang ikut rombongan ke Singapura. Sayangnya, Pramono pun enggan menjawab.

“Ya karena Presiden sudah menyampaikan belum, walaupun kita temen diskusinya, ya kita mengatakan belum,” jawab politisi senior PDIP itu.

Pramono juga mengatakan, hingga saat ini Presiden belum memutuskan nama pengganti Plate. “Kan tadi Presiden sudah menyampaikan belum,” tegasnya.

Baca juga : Mari Selami Warisan Pemikiran Bung Karno Di Perpusnas!

Untuk diketahui, Rabu (17/5), Kejagung menahan Plate atas dugaan proyek penyediaan infrastruktur BTS 4G infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, 5 Bakti Kominfo tahun 2020-2022. Kasus ini diduga merugikan negara mencapai Rp 8 triliun.

Untuk mengisi kursi menkominfo yang kosong, Jokowi menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo. Kata Mahfud, setidaknya ada dua arahan Jokowi kepada dirinya. Pertama, memastikan proses hukum proyek BTS dilanjutkan.

Kedua, mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu diperintahkan agar tetap melanjutkan proyek BTS. Jokowi juga meminta Mahfud mengawal kepemimpinan di Kementerian Komunikasi dan Informatika sampai adanya pejabat definitif.

Bagaimana tanggapan NasDem? Ketua DPP Partai NasDem, Taufik Basari memastikan, pihaknya tidak akan mencampuri urusan reshuffle dan siapa yang akan menjadi suksesor Plate.

Baca juga : Hasto Bela Suami Puan

“Kita tidak pernah cawe-cawe terkait dengan itu,” tegas Basari di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

NasDem sadar betul bahwa urusan reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden. Basari lantas mengungkit, sedari dulu mendukung Jokowi, tidak pernah mencampuri susunan kabinet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.