Dark/Light Mode

Kursi Menkominfo Masih Kosong

Presiden Belum Kepikiran Cari Pengganti

Kamis, 8 Juni 2023 08:00 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Bukan hanya karena ada kasus ini saja, tapi memang dari 2014. Apa yang kita sampaikan sama seperti yang kita sampaikan hari ini,” kata anggota Komisi III DPR RI ini.

Basari pun pasrah, dan tidak mempersoalkan jika Presiden tidak mengamanahkan politisi NasDem untuk mengisi kekosongan kursi Menkominfo.

“Terserah Pak Presiden mau mengangkat seseorang yang berasal dari NasDem atau tidak. Itu adalah kewenangannya. Tidak pun itu adalah kewenangannya,” tegas Taufik.

Sementara, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menjelaskan, Jokowi menghindari sikap agresif penggantian menteri NasDem karena terlanjur merasa disudutkan.

Baca juga : Mega: Ngapain Saya Tekan Presiden? Saya Ini Orang Taat Aturan

Jawaban “belum” bermakna untuk mencoba mengambil waktu jeda. “Tentu saja, NasDem tidak akan diganti dengan NasDem kembali,” ulas Dedi, tadi malam.

Pada dasarnya, saat ini diperlukan reshuffle, dan Jokowi seharusnya tidak menunda itu. Namun, bisa saja mantan wali kota Solo itu mengalami kebuntuan komunikasi dengan elit partai.

Mengingat, semua yang dicita-citakan mulai terlihat minim dukungan partai.

“Begitu halnya dengan keinginan amputasi NasDem, bukan tidak mungkin saat ini Jokowi mulai merasakan imbas perlawanan NasDem,” kata Dedi.

Baca juga : Mari Selami Warisan Pemikiran Bung Karno Di Perpusnas!

Adapun tokoh pengganti Plate bisa saja dari kalangan nonparpol. Karena di akhir masa periode semacam ini, masing-masing parpol belum tentu bisa diandalkan untuk setia.

“Jika terjadi pergantian antar partai, kemungkinan hanya soal rotasi. Semisal Gerindra diberi kepercayaan kembali pimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” cetus Dedi.

Netizen pun mulai tebak-tebakan, siapa yang akan menggantikan Plate. “Siapa lagi kalau bukan Luhut?” seloroh @zoisitepu. “Tumben gak comot si opung. Projek hotz. Karena LQ nye Puan ke senggol,” sindir @BANGKEHLOHnyet.

“Gak usah diganti, tetap Pak Mahfud aja,” usul @Bayupras__. “Gua usul penggantinya Surya Paloh. Beliau mumpuni di bidang itu. Lihat saja MetroTV, maju tho?” pesan @pembacot777.

Baca juga : Hasto Bela Suami Puan

“Urusan menteri bukan urusan NasDem,” kata @Jokoprogmailco1. “Kalau tahu diri, syukur lah. Semua ada mekanismenya,” sahut @BudiYon43861466. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.