Dark/Light Mode

Lawan Hoax, PMN Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Pemuda Di Mappatoba Sulsel

Kamis, 8 Juni 2023 09:40 WIB
PMN Sulsel mengadakan pelatihan jurnalistik bagi pemuda di Desa Mappatoba  Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu (7/6). (Foto: Ist)
PMN Sulsel mengadakan pelatihan jurnalistik bagi pemuda di Desa Mappatoba Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu (7/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan jaringan sukarelawan Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Sulawesi Selatan (Sulsel) terus menebarkan dampak positif bagi masyarakat.  Teranyar, PMN Sulsel mengadakan pelatihan jurnalistik bagi pemuda di Desa Mappatoba.

Pelatihan jurnalistik bertema ‘Bersinergi Membangun Jurnalis Muda Kreatif dan Kritis dalam Melawan Hoax’ diselenggarakan di Balai Desa Mappatoba, Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu (7/6).

Korwil PMN Sulsel, Jusman mengatakan pelatihan jurnalistik dilakukan bertujuan untuk agar para pemuda di desa Mappatoba bisa membedakan mana informasi berita yang benar dan mana yang mengandung hoax.

“Pelatihan jurnalistik ini bertujuan agar pemuda di desa Mappatoba bisa mengetahui informasi-informasi yang tersebar di media sosial, supaya tidak menepaah secara mentah untuk diambil,” kata Jusman.

Baca juga : GGN Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Teknik Dasar Jurnalistik Bagi Santri

Menurut Jusman, para pemuda di Desa Mappatoba sangat antusias mengukuti pelatihan yang diselenggarakan oleh PMN Sulsel. 

Terbukti, kata Jusman, para peserta aktif memberikan pertanyaan kepada pemateri mengenai materi yang bertema ‘Bersinergi Membangun Jurnalis Muda Kreatif dan Kritis dalam Melawan Hoax ini.

“Antusias pemuda di sini cukup bagus. Karena diiringi dengan berbagai pertanyaan-pertanyaan terhadap narasumber,” beber dia.

Lebih jauh, Jusman berharap pasca adanya pelatihan jurnalistik itu pemuda bisa terhindarkan dari berita-berita hoax.

Baca juga : SDG Sulsel Gelar Pelatihan Kriya Di Ponpes Ulul Albab

“Artinya dengan pelatihan ini membedakan mana informasi sesuai fakta dan mana informasi atau pemberitaan bersifat hoax,” ujarnya.

Sementara itu, Divisi Humas Karang Taruna Mappatoba, Indra menyampaikan terima kasih kepada PMN Sulsel yang sudah memberikan pelatihan jurnalistik kepada para pemuda.

“Pelatihan ini bisa dibilang berguna bagi kami semua dari pemuda, apalagi kita disini belajar tentang jurnalistik dan sebagainya tentang berita hoax,” tutur Indra.

Selain berguna dalam menyaring informasi berita hoax, pelatihan tersebut bisa berguna bagi para pemuda untuk mereka yang ingin mendalami dunia jurnalistik.

Baca juga : Muslimah Ganjar Fasilitasi Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Di Jakarta Timur

“Semoga program seperti ini bisa diadakan. Karena program seperti ini bisa membantu pemuda, apalagi pemuda baru berkembang bisa belajar di sini tentang bagaimana ke depannya tentang jurnalistik atau pelatihan lain,” harap Indra.

Mewakili pemuda di Mappatoba, Indra turut menyampaikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo yang kini merupakan calon presiden (Capres) dari PDIP di Pilpres 2024.

“Harapannya semoga (Ganjar) sukses ya. Apalagi pak Ganjar saya dengar tentang pencalonnya sebagai capres dan semoga menang untuk bisa meneruskan pak Jokowi,” pungkas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.