Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ringankan Beban Ekonomi Rumah Tangga

Nelayan Lamongan Girang Belanja Sembako Murah

Rabu, 21 Juni 2023 19:46 WIB
Kolaborasi antara UMKM Sahabat Sandi Uno Lamongan dan Cak Rian Foundation nyatanya memberikan dampak yang positif untuk masyarakat. Kegiatan berlangsung di Rukun Nelayan RN, Blimbing, Paciran Lamongan, Jawa timur, Selasa (20/6). (Foto: Ist)
Kolaborasi antara UMKM Sahabat Sandi Uno Lamongan dan Cak Rian Foundation nyatanya memberikan dampak yang positif untuk masyarakat. Kegiatan berlangsung di Rukun Nelayan RN, Blimbing, Paciran Lamongan, Jawa timur, Selasa (20/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendapatan nelayan yang berkurang membuat masyarakat di Paciran Lamongan mengeluhkan harga bahan pokok yang semakin melambung. Tergerak, UMKM Sahabat Sandi Uno Lamongan buka bazar sembako murah untuk ringankan beban ekonomi masyarakat. 

Kolaborasi antara UMKM Sahabat Sandi Uno Lamongan dan Cak Rian Foundation nyatanya memberikan dampak yang positif untuk masyarakat. Kegiatan berlangsung di Rukun Nelayan (RN), Blimbing, Paciran Lamongan, Jawa timur. 

Pradita Aditya, Ketua UMKM Sahabat Sandi Uno Lamongan menyebut, tujuan utama bazar sembako murah tersebut adalah untuk meringankan beban warga dalam membeli aneka kebutuhan menjelang Lebaran Idul Adha 2023. Selain itu, sebagai bagian dari ketahanan pangan untuk memenuhi konsumsi dan mengurangi beban masyarakat. 

Baca juga : Menteri Bahlil Ungkap Kondisi Ekonomi Pengaruhi Persoalan Lapangan Kerja

"Sekarang lagi musim nelayan kesusahan, memang musim ikan ini agak turun, acara ini kita bikin supaya bisa meringankan beban dari ibu-ibu warga nelayan Lamongan. Jadi minimal kita bisa membantu sedikit, mengurangi kebutuhan masyarakat yang ada di Lamongan khususnya di pesisir ini," ungkap Pradita, Selasa (20/6). 

Diketahui kegiatan sembako murah khususnya di daerah Blimbing, Lamongan adalah kali pertama, dengan begitu antusias masyarakat terbilang sangat tinggi. Kegiatan ini nantinya akan merambah ke daerah-daerah lain di Lamongan guna mencakup seluruh masyarakat yang membutuhkan. 

"Kegiatan ini sudah pernah di Lamongan, tapi untuk di titik ini baru, memang di tempat ini cukup lumayan bisa mengurangi dan membantu warga nelayan, next ada di beberapa titik lagi, antusias masyarakat juga tinggi," kata Pradita. 

Baca juga : Setkab RI Tingkatkan Kompetensi Penerjemah Pemerintah Dengan Singapura

"Acara seperti ini sering, bagaimana pun karena sekarang masyarakat agak kesulitan di ekonomi, jadi kita bisa hadir dan memberikan kontribusi mengurangi beban masyarakat," lanjut Pradita. 

Salah satu pembeli, Nunuk Juliana mengungkapkan, sembako di Lamongan sedang meningkat menuju Idul Adha. Dirinya mengaku sangat terbantu dengan kegiatan ini, untuk 1 minggu ia biasa mengeluarkan biaya hingga Rp 70 ribu lebih untuk sembako saja. 

"Bagus sekali membantu saya sekali. Sembako disini agak mahal dan mau lebaran juga bahan pokok mahal, minyak mahal. Rp 15 ribu saya udah dapat beras, gula, minyak, teh, biasanya kalau beli ini bisa Rp 70 ribu lebih," kata Nunuk. 

Baca juga : Emak-Emak Di Gresik Serbu Bazar Sembako Murah

Masyarakat sekitar Blimbing, Paciran Lamongan meminta kegiatan sembako murah terus digencarkan. Terbukti sangat membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.