Dark/Light Mode

Gus Falah Apresiasi Warga Pasuruan Bubarkan Pengajian Khilafah

Kamis, 22 Juni 2023 12:29 WIB
Gus Falah
Gus Falah

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) mengapresiasi warga yang membubarkan pengajian bertema Khilafah di Desa Sumbersuko, Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, baru-baru ini.

Dalam kegiatan 'pengajian' itu, terpampang banner 'Khilafah Mengakhiri Hegemoni Dolar dengan Dinar dan Dirham'.

Gus Falah menegaskan, propaganda paham khilafah yang berhasrat menghancurkan negara-bangsa seperti Indonesia yang berdasar Pancasila, tidak boleh diberikan ruang.

Baca juga : Lembaga Pengadilan HAM Kudu Diperkuat

"Pengajian itu hanya 'kedok' saja, padahal sebenarnya mereka mempropagandakan paham khilafah yang anti Pancasila dan anti kebangsaan," ungkap Gus Falah dalam keterangan tertulisnya, Kamis 22 Juni 2023.

"Maka warga Desa Sumbersuko, Pasuruan patut kita apresiasi, mereka bergerak karena meyakini bahwa mencintai negara adalah bagian dari iman," tambah Ketua Tanfidziyah PBNU itu.

Gus Falah melanjutkan, propaganda paham anti Pancasila seperti khilafah tak boleh diberikan peluang dengan alasan demokrasi atau kebebasan berpendapat.

Baca juga : Mengenal Konsep Khilafah

Dia menegaskan, demokrasi yang diterapkan di Indonesia harus selaras dengan Pancasila. Bukan demokrasi liberal yang memberi ruang bagi gerakan yang mengancam negara atau Pancasila.

“Tidak boleh organisasi atau individu diberikan ruang mengancam negara maupun Pancasila dengan alasan demokrasi atau kebebasan. Sebab bila mereka menjamur apalagi berkuasa, bukan hanya Pancasila yang terancam, tapi juga demokrasi dan kebebasan itu sendiri karena sistem Khilafah itu totaliter,” tegas Gus Falah.

Maka kata dia, negara juga harus mempunyai regulasi yang melarang semua ideologi yang anti Pancasila, termasuk khilafah, agar bisa mengambil tindakan preventif secara hukum terhadap individu atau kelompok penganut ideologi tersebut.

Baca juga : Tips Aman Berinvestasi Trading Forex Dan Terhindar Penipuan

"Sehingga kedepannya yang menindak gerakan khilafah adalah aparat, bukan lagi warga sebagaimana terjadi di Pasuruan itu," tambahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.