Dark/Light Mode

Indonesia Net-Zero Summit 2023

Dino: Tekan Emisi Karbon, Indonesia Dipacu Waktu

Minggu, 25 Juni 2023 08:08 WIB
FPCI menggelar Indonesia Net-Zero Summit 2023 di Djakarta Theater XXI, Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023.
FPCI menggelar Indonesia Net-Zero Summit 2023 di Djakarta Theater XXI, Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia kini berpacu dengan waktu, menekan emisi karbon dan mengubah iklim. Ini ditegaskan Ketua Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal. FPCI menggelar Indonesia Net-Zero Summit 2023 di Djakarta Theater XXI, Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023.

Dino mengatakan, tahun ini usia bumi diperkirakan sudah menyentuh 4,5 miliar tahun. Suhu rata-rata bumi telah mencapai angka 3,5 derajat celcius. Berbeda jauh saat era Dinosaurus yang ada di angka 1,5 derajat celcius.

Baca juga : Bekuk Australia, Indonesia Maju Ke Semifinal

"Bayangkan, walau hanya berbeda 2 derajat celcius, tapi terasa sekali bedanya. Kalau dulu hawanya dingin, sekarang panas," ujar mantan Wakil Menteri Luar Negeri ini, saat membuka acara Net-Zero Summit 2023.

Perubahan itu, sebut Dino, banyak dipengaruhi oleh industrialisasi negara Barat yang menyebabkan meningkatnya gas emisi karbon. Jika Indonesia tidak ikut menekannya, pada 2050 dipastikan suhu bumi akan mencapai batasnya.

Baca juga : Idepreneurs Banten Summit 2023, Upaya Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Dengan meningkatnya hawa panas bumi, kata mantan Duta Besar untuk Amerika Serikat itu, Indonesia dipacu waktu untuk menekan gas emisi karbon. Agar kehidupan manusia, termasuk generasi penerus bangsa, bisa diselamatkan. "Faktor perubahan iklim menjadi risiko yang perlu dihitung dalam visi indonesia Emas 2045," tegasnya.

Mantan Juru Bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini juga mengatakan, kebijakan perubahan iklum perlu didukung semua pihak, termasuk Pemerintah. Namun, dia menyebut, arah angin politik Indonesia ke depan masih labil dan belum terjamin.

Baca juga : Melangkah Ke Final, Ginting: Terima Kasih Presiden Jokowi

Apalagi, Indonesia akan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu), maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 2024 mendatang. Hal itu tentunya membuat pergeseran kebijakan para pejabat. "Tapi harapannya, siapapun yang terpilih, harus punya visi jelas terhadap isu perubahan iklim," pungkas Dino.

Indonesia Net-Zero Summit 2023 mengusung tema “It’s Now or Never!” yang diselenggarakan FPCI. Acara ini merupakan acara tahunan yang digunakan pegiat iklim demi menekan emisi karbon, sesuai Paris Climate Agreement. Yakni perjanjian internasional yang mengikat secara hukum 196 negara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca nasional dan membantu negara-negara berkembang memerangi dampak terburuk krisis iklim yang sedang berlangsung saat ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.