Dark/Light Mode

Survei Algoritma: Pemilih Jokowi Mayoritas Pilih Ganjar Pranowo

Senin, 26 Juni 2023 22:15 WIB
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Algoritma Research and Consulting merilis hasil survei terkait Pilpres 2024. Dalam survei tersebut, pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) mayoritas menjatuhkan pilihannya terhadap Ganjar Pranowo dibandingkan dengan tokoh lainnya.

Menurut Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting, Aditya Perdana, sebanyak 41,6 persen pemilih Jokowi memilih Ganjar, sedangkan Prabowo Subianto mendapatkan dukungan sebanyak 18,8 persen, dan Anies Baswedan sebanyak 12,5 persen.

Baca juga : Survei Terbaru Populi Center: Elektabilitas Ganjar Naik, Tembus 35,8 Persen

Hasil survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 14 persen pemilih masih belum memutuskan pilihan mereka (undecided voters), sementara pemilih lainnya mencapai 13,1 persen.

"Pemilih Jokowi cenderung lebih memilih Ganjar," kata Aditya saat merilis hasil survei di Jakarta, pada Senin (26/6).

Baca juga : Survei Populi: Elektabilitas 35,8 Persen, Ganjar Kembali Salip Prabowo

Survei Algoritma Research and Consulting dilaksanakan dari tanggal 29 Mei hingga 10 Juni 2023 dengan melibatkan 2.009 responden. Metode survei yang digunakan adalah wawancara tatap muka menggunakan kuesioner yang diadministarsi oleh 109 enumerator.

Hasil survei ini mencerminkan pendapat dari penduduk dewasa (usia pilih) secara proporsional dari 34 provinsi di Indonesia. Margin of error (tingkat kesalahan) dari survei ini adalah ±2,1 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.