Dark/Light Mode

Survei Populi: Elektabilitas 35,8 Persen, Ganjar Kembali Salip Prabowo

Senin, 26 Juni 2023 18:09 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Populi Center merilis hasil survei terkait elektabilitas tokoh yang potensial menjadi capres pada Pilpres 2024.

Dalam survei bertajuk "Masa Depan Pembangunan dan Demokrasi: Menakar Komitmen Capres 2024”, Ganjar Pranowo berada di posisi pertama.

Capres PDIP ini berhasil menyalip Prabowo Subianto yang sempat unggul bulan lalu.

Baca juga : LSI Denny JA: Pendukung Jokowi Bergeser Dari Ganjar Ke Prabowo

Peneliti Populi, Hartanto Rosojati menyampaikan elektabilitas Ganjar dalam survei terbaru mencapai 35,8 persen. Sedangkan dalam survei pada akhir Mei 2023, sebesar 34,4 persen.

"Dalam simulasi tiga tokoh calon presiden, dari Ganjar, Prabowo, Anies, yang paling tinggi Ganjar dengan 35,8 persen, Prabowo 33,4 persen, dan Anies 23,2 persen. Sedangkan yang belum memutuskan 7,3 persen dan yang menolak menjawab 0,3 persen," ujar Hartanto, Senin (26/6).

Pada survei yang dirilis akhir Mei 2023 lalu, Prabowo unggul dengan jumlah suara 35,8 persen. Sedangkan Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 21,5 persen.

Baca juga : Elektabilitas Gerindra Bayangi PDIP, Nasdem Turun

Berdasarkan survei pemilih partai, Hartanto menyebut suara Ganjar mayoritas berasal simpatisan PDIP (77,6 persen) dan PKB (42,4 persen).

Sedangkan simpatisan Partai Gerindra (78,2 persen), Golkar (47,1 persen), PPP (32,4 persen), dan PAN (40,4 persen) memilih Prabowo Subianto.

Sementara pemilih NasDem (51,4 persen), PKS (63,4 persen), dan Demokrat (46,2 persen) lebih memilih Anies.

Baca juga : Sukses Dorong Produktivitas Pertanian, Kinerja Andi Sudirman Gemilang

Populi juga membuat skema top of mind atau pertanyaan terbuka. Dalam pertanyaan ini, 21,9 persen responden memilih Ganjar sebagai presiden jika pilpres digelar saat ini.

Sedangkan yang memilih Prabowo ada 19,3 persen dan Anies Baswedan 14,4 persen.

Adapun survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka melalui aplikasi Populi Center. Margin of error pada survei ini ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.