Dark/Light Mode

Ganjar Sejati Latih Masyarakat Bandung Barat Jadi Barista Kopi

Rabu, 28 Juni 2023 12:35 WIB
Sukarelawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan barista kopi di Rajamandala, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (27/6). (Foto: Ist) 
Sukarelawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan barista kopi di Rajamandala, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (27/6). (Foto: Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan barista kopi di Rajamandala, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (27/6). 

Koordinator Lapangan (Korlap) Ganjar Sejati Jawa Barat, Imam Turniman, mengatakan pelatihan ini tidak hanya sekadar belajar menghidangkan secangkir kopi, akan tetapi juga memberikan pengetahuan yang mendalam tentang aroma, rasa, dan asal-usul setiap biji yang diolah. 

"Kami mengadakan pelatihan barista kopi untuk masyarakat di wilayah Rajamandala. Kami juga memberikan ilmu tentang filosofi serta sejarah kopi, dan juga tentang kekayaan negara kita tentang hal kopi," kata Imam seusai kegiatan. 

Baca juga : Tuan Guru Ganjar Adakan Penyuluhan Dan Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

Menurut dia, pelatihan yang diikuti dari berbagai kalangan termasuk anak muda hingga tua itu mengajarkan masyarakat tentang cara menyajikan kopi yang baik dan teknik pembuatan minuman kopi yang berkualitas. 

Melalui pelatihan itu, diharapkan para peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa membuka usaha kopi.

"Melatih tentang beberapa tipe kopi yang disajikan di masyarakat, sehingga peserta bisa membuka kopi kecil-kecilan kedepannya," ucap Imam. 

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Aksi Kemanusiaan Bagi Pengungsi Timor Timur di Kupang

Imam mengemukakan kegiatan ini disambut baik dan antusias masyarakat. 

Menurutnya, kegiatan seperti ini memberikan dorongan positif bagi masyarakat.

"Harapan dari pelatihan ini kami membangun emosional ke kalangan milenial hingga masyarakat umum untuk senantiasa bangga terhadap calon pemimpin yang cinta masyarakat," ucapnya. 

Baca juga : Ustaz Sahabat Ganjar Gelar Pelatihan Mandi Junub Untuk Masyarakat Desa Di Sumut

Salah seorang peserta, Hasan (20), mengungkapkan dalam pelatihan ini ia belajar tentang berbagai jenis kopi, mulai dari proses penanaman dan panen biji kopi hingga teknik penyeduhan yang tepat.

Hasan mengaku merasakan kemajuan yang signifikan dalam mengasah kemampuannya dalam mengolah kopi dengan kualitas yang tinggi. 

"Saya sangat antusias sekali dengan acara ini, sangat bersyukur, sangat bermanfaat, sangat membantu sekali. Alhamdulillah bisa praktek (membuat) kopi, lebih tahu dalam lagi tentang kopi," ujar Hasan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.