Dark/Light Mode

Libur Idul Adha Dan Cuti Bersama, Dispar Gunungkidul Targetkan 47.950 Wisatawan

Rabu, 28 Juni 2023 21:40 WIB
Objek wisata pantai di Gunungkidul. (Foto: Antara)
Objek wisata pantai di Gunungkidul. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama libur Idul Adha dan cuti bersama 2023, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mentargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 47.950 orang dan pendapatan asli daerah sebesar Rp361 juta.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono di Gunungkidul, mengatakan berdasarkan pengalaman sebelumnya, jumlah kunjungan wisatawan saat libur Idul Adha tidak sebanyak seperti libur nasional atau libur panjang lainnya.

Baca juga : Libur Idul Adha, Angkasa Pura I Prediksi Layani 1 Juta Penumpang

"Namun demikian, Kami optimistis target kunjungan wisatawan dan pendapatan asli daerah (PAD) retribusi wisata libur Idul Adha tercapai. Semoga jumlahnya melebihi target," ujar Harry Sukmono seperti dilansir Antara, Rabu (28/6).

Harry menambahkan, dibanding libur panjang sebelumnya, target kunjungan maupun PAD pada libur Idul Adha memang lebih kecil. Libur panjang awal bulan lalu misalnya, Dispar berani pasang target 54.438 wisatawan.

Baca juga : Libur Idul Adha, 556 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Ludes

"Untuk target super libur panjang ini kami prediksi mulai terlihat pada Jumat sampai dengan Minggu," katanya.

Lebih lanjut, Harry mengatakan pihaknya juga melakukan koordinasi dengan dinas dan instansi lain, seperti dengan Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Polres Gunungkidul untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas dan kesehatan wisatawan.

Baca juga : Bicarakan Koalisi Besar, Perindo Kunjungi Markas Partai Golkar

"Kami berharap libur panjang wisatawan yang datang ke Gunungkidul lebih banyak dan arus lalu lintas tetap lancar," ujar Harry.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.