Dark/Light Mode

Wong Kito Ganjar Edukasi Masyarakat OKI Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban

Jumat, 30 Juni 2023 20:17 WIB
Sukarelawan Wong Kito Dewe dukung Ganjar memberikan pelatihan tata cara penyembelihan hewan kurban secara syari kepada masyarakat di Desa Suka Maju, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir OKI, Sumatera Selatan, Jumat (30/6). (Foto: Ist)
Sukarelawan Wong Kito Dewe dukung Ganjar memberikan pelatihan tata cara penyembelihan hewan kurban secara syari kepada masyarakat di Desa Suka Maju, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir OKI, Sumatera Selatan, Jumat (30/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Wong Kito Dewe dukung Ganjar memberikan pelatihan tata cara penyembelihan hewan kurban secara syar'i kepada masyarakat. Adapun, mereka menyiapkan dua ekor kambing dalam agenda tersebut.

Koordinator Wilayah Wong Kito Dewe Sumatra Selatan, Harun Rasyid mengatakan edukasi ini berlangsung di Desa Suka Maju, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Jumat (30/6).

Menurut dia, berkurban berarti menunjukkan rasa syukur atas sebagian rezeki yang dimiliki untuk berbagi kepada masyarakat. Dalam pelaksanaannya, masyarakat perlu mencermati hal penting seperti memilih hewan kurban.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Jatim Adakan Penyembelihan Hewan Kurban Di Surabaya

"Tujuan kami karena polemik di masyarakat juga banyak yang (berkurban) belum sesuai. Seperti halnya hewan kurban harus laki-laki padahal dalam syariat islam kan enggak harus laki-laki, harus jantan kan enggak. Padahal syariat islam cuman yang penting kambing atau sapi," ucap dia.

Di sisi lain, lanjut Harun, proses penyembelihan hewan kurban tidak boleh sembarangan, ada sejumlah ketentuan dan rukun yang harus dipenuhi agar ibadah tersebut afdal di hadapan Allah.

Misalnya dalam tata cara penyembelihan, hewan harus dibaringkan terlebih dulu dengan cara diikat keempat kakinya supaya mudah dijagal, lalu petugas penyembelih maupun hewan kurban harus menghadap kiblat, dan lain-lain.

Baca juga : Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Di Bandung

"Terus yang kedua, kami ingin mengajak masyarakat itu lebih sadar lagi untuk berkurban karena potensi di desa sini itu hampir semua masyarakat itu punya kambing, masyarakat punya sapi," ucap dia.

"Kami berharap masyarakat ke depannya pemikirannya lebih cenderung kepada konsep agama daripada konsep adat turun temurun. Kami ingin mengubah image masyarakat yang seperti itu lebih dekat lagi dengan syariat Islam," imbuh dia.

Salah satu masyarakat, Eriyanto (46) mengatakan pelatihan kali ini begitu menarik minat masyarakat. 

Baca juga : Ojol Ganjar Berbagi Kebaikan Dengan Sembelih Belasan Hewan Kurban Di Banten

Selain belum pernah dilakukan di lingkungan masyarakat setempat, kegiatan ini juga dapat menambah wawasan lebih dalam mengenai tata cara penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam.

"Belum pernah, ini yang pertama. Bagus dan sangat mendukung dari lingkungan desa sukamaju. Agak grogi sedikit tadi pas mencoba menyembelih," ucap Yanto.

Sebagai informasi, sukarelawan Wong Kito Dewe dukung Ganjar turut berkontribusi dalam menyambut hari raya Iduladha 1444H, Kamis (29/6) untuk menyembelih hewan kurban di kawasan Desa Suka Maju, Kabupaten OKI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.