Dark/Light Mode

Bantul Gempa, Getaran Terasa Hingga Kediri Dan Mojokerto

Jumat, 30 Juni 2023 20:26 WIB
Bantul Gempa, Getaran Terasa Hingga Kediri Dan Mojokerto

RM.id  Rakyat Merdeka - Wilayah Bantul, Yogyakarta diguncang gempa. Menurut data yang telah dimutakhirkan,  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melaporkan, gempa yang terjadi pada pukul 19.57.43 itu, memiliki magnitudo 6,4 dan terletak pada koordinat 8.63 LS, 110.08 BT. 

Pusat gempa berada di laut, dengan kedalaman 25 km. Berjarak 86 km arah baratdaya Bantul. 

Gempa tersebut dirasakan dengan skala IV MMI di Kulonprogo, Nganjuk, dan Kebumen; III-IV di Kediri dan III di Mojokerto.

Berdasarkan laporan warga yang sedang berlibur di Malang, Jawa Timur, guncangan gempa terasa di lantai 18 hotel yang dia tempati.

Baca juga : Gempa M4,3 Getarkan Wilayah Sumur Pandeglang Banten

"Saya sampai agak pusing," katanya kepada RM.id, Jumat (30/6) malam.

Laporan lainnya, datang dari seorang warga bernama Wuryanto, yang berada di Pacitan. "Gempanya lumayan kencang," ungkapnya.

 

Dalam skala IV MMI, jika terjadi pada siang hari, gempa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Baca juga : Ke Indonesia, Wakil PM Inggris Jajaki Kerja Sama Sektor AI Hingga Energi Dan Mineral

Sedangkan dalam skala III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Imbauan BNPB

Terkait gempa Bantul, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat agar tetap siaga dan waspada, terhadap potensi gempa susulan.

Jika masih berada di dalam rumah, lakukan perlindungan mandiri di kolong meja yang kuat. Hindari material kaca atau material rentan ambruk.

Jika situasi telah kondusif, lakukan evakuasi ke lapangan terbuka atau titik kumpul yang telah ditetapkan serta hindari pohon rimbun, tiang listrik, papan reklame maupun bangunan rentan roboh.

Baca juga : Bakti Sosial Dharma Wanita Sarana Jaya Meriahkan HUT Ke-496 Jakarta

Ikuti informasi terkait potensi gempa, melalui https://bmkg.go.id serta mengikuti instruksi otoritas daerah setempat, terkait langkah evakuasi selanjutnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.