Dark/Light Mode

Ke Indonesia, Wakil PM Inggris Jajaki Kerja Sama Sektor AI Hingga Energi Dan Mineral

Senin, 26 Juni 2023 20:05 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri PM Inggris Oliver Dowden di kantornya, Senin (26/6). (Foto: Kedubes Inggris)
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri PM Inggris Oliver Dowden di kantornya, Senin (26/6). (Foto: Kedubes Inggris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Perdana Menteri (PM) Inggris Oliver Dowden tengah melakukan kunjungan kerja di Indonesia pada 25-26 Juni 2023.

Kunjungannya ini untuk menjajaki kerja sama di sektor Artificial Intelligence (AI) hingga investasi, transisi energi, mineral, serta pertahanan siber.

Dalam keterangan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Senin (26/6), Dowden bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. 

Baca juga : Komisi XI DPR: Kendalikan Inflasi, Perlu Kerja Sama Pemerintah Pusat Dan Daerah

Downden menyampaikan ucapan selamat pada Indonesia atas keberhasilan Presidensi G20 tahun lalu serta keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini. 

"Keduanya juga membahas kemajuan yang telah tercapai dalam memperkuat hubungan ekonomi di bawah Nota Kesepahaman Kerjasama Investasi Inggris-Indonesia. Mereka juga membahas keinginan Inggris untuk bekerja sama lebih erat dengan Otoritas Investasi Indonesia untuk mendukung ambisi energi bersih Indonesia di bawah Kemitraan Transisi Energi yang Adil (JETP)," tulis keterangan pihak Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Senin (26/6). 

Selain bertemu Menteri Luhut untuk membahas kesempatan investasi di sektor migas, kunjungan Dowden juga bertujuan memperkuat kerja sama di bidang siber. Dowden juga sudah berdialog dengan sejumlah tokoh di sektor Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan di Indonesia. 

Baca juga : Indonesia Ketua ASEAN, 7 Kerja Sama Kesehatan Ini Bisa Digarap

Menurut informasi dari Kedubes Inggris, pihak yang diajak berdiskusi Wakil PM Dowden di Jakart termasuk CEO Eureka AI, Nodeflux, Verihubs, Kata.ai dan para pemimpin teknologi senior dari Institut Teknologi Bandung, Pinhome, Jakarta Smart City, Kementerian Kesehatan, GoTo dan KORIKA.

"Wakil Perdana Menteri memuji inovasi teknologi Indonesia dan kepemimpinannya dalam pengembangan AI di Asia Tenggara," tulis keyerangan pihak Kedubes Inggris.

Dowden turut menyorot kepemimpinan global Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak tentang AI. Inggris diketahui menjadi tuan rumah KTT global pertama tentang AI pada akhir tahun ini.

Baca juga : Siap-siap War Tiket Gratis Kereta Cepat! Catat Tanggal dan Cara Daftar Onlinenya

Rencana AI global summit itu rencananya digelar Inggris pada akhir musim gugur nanti. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.