Dark/Light Mode

Update Dampak Gempa Bantul M 6,4: Rumah Rusak, Listrik Padam Dan Nol Korban Jiwa

Jumat, 30 Juni 2023 22:10 WIB
Salah satu rumah yang rusak akibat gempa M 6,4 yang berpusat di Bantul, Yogyakarta, Jumat (30/6) malam. (Foto: Twitter/BNPB)
Salah satu rumah yang rusak akibat gempa M 6,4 yang berpusat di Bantul, Yogyakarta, Jumat (30/6) malam. (Foto: Twitter/BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan update dampak gempa dengan Magnitudo 6,4 yang berpusat di Bantul, Yogyakarta, Jumat (30/6) malam. Terbaru, sejumlah rumah dilaporkan rusak dan jaringan listrik di beberapa daerah dilaporkan terputus.

Beberapa rumah tersebut, sebut Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengalami rusak ringan usai gempa.

Masing-masing, dua rumah warga yang rusak itu berada di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Satunya lagi berada Kabupaten Gunung Kidul, wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan tersebut adalah update terakhir hingga pukul 20.40 WIB.

Baca juga : UBL Tampilkan Motor Listrik Di Pameran Teknologi Tepat Guna Di Lampung

"BNPB menginformasikan 2 rumah warga rusak ringan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jateng," kata Abdul Muhari, kepada wartawan, Jumat (30/6) malam.

"Di wilayah DIY, 1 unit rumah warga rusak, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul," sambungnya.

Selain rumah rusak, BNPB juga menerima laporan jaringan listrik terputus karena kerusakan pascagempa di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Baca juga : Breaking News! Pacitan Diguncang Gempa M 6,1, Listrik Padam

Abdul Muhari mengimbau agar warga tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan.

"Persiapkan tas siaga bencana apabila harus melakukan evakuasi ke tempat aman sementara," tandasnya.

Ia menambahkan, bahwa Pudalops BNPB terus memonitor dan melakukan koordinasi dengan beberapa BPBD di wilayah DIY, Jateng dan Jawa Timur. 

Baca juga : Prabowo Dampingi Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Untuk Turki Dan Suriah

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD di wilayah terdampak telah berada di lapangan untuk melakukan pendataan dan pemantauan.

Selain itu, TRC BPBD Yogyakarta melaporkan nihil korban jiwa hingga pukul 19.57 WIB.

Namun beberapa bangunan di DIY dilaporkan rusak. Diantaranya genteng rontok dan teras ambruk di beberapa rumah di Pacarejo, Semanu. Lalu atap bangunan hingga plafon di Taman Budaya Gunungkidul Jl. Lkr. Utara Logandeng, Playen jatuh.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.