Dark/Light Mode

Ziarah Ke Makam Mbah Moen

Ibadah Haji, Spiritual Ganjar Digembleng

Sabtu, 1 Juli 2023 06:58 WIB
Bakal calon presiden Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo khusyuk berdoa di makam KH. Maimun Zubair Mbah Moen di tengah kegiatan menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. (Foto: Instagram PPP)
Bakal calon presiden Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo khusyuk berdoa di makam KH. Maimun Zubair Mbah Moen di tengah kegiatan menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. (Foto: Instagram PPP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (Capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyempatkan diri berziarah ke makam KH. Maimun Zubair (Mbah Moen) di tengah kegiatan menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi.

Momen ziarah Ganjar ke Mbah Moen terpantau di postingan Instagram Partai Persatuan Pembangunan (PPP) @dpp.ppp.

Dalam video yang dibagikan itu, Ganjar nampak khusyuk berdoa di depan pusara Mbah Moen yang terletak di kompleks pemakaman Jannat Al Ma'la, kompleks pemakaman istri, kerabat dan sahabat Nabi Muhammad SAW.

"Alhamdulillah. Di tengah menjalankan ibadah haji, calon presiden @ganjar_pranowo tidak lupa menyempatkan diri berziarah kepada ulama panutannya Alm. KH. Maimun Zubair," tulis akun Instagram PPP.

Baca juga : Layanan Makin Oke, Jamaah Fokus Ibadah Dan Semoga Jadi Haji Mabrur

Sejumlah jemaah asal Indonesia yang juga tengah berziarah menghampiri dan menyalami Gubernur Jawa Tengah ini. Ganjar berbincang hangat dengan mereka.

"Sehat-sehat semua ya. Mabrur," doa Ganjar disambut para jemaah. "Terima kasih Pak Ganjar."

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengungkapkan, ibadah haji kali ini jadi penggemblengan spiritual bagi Ganjar. "Ini jadi ajang penggemblengan spiritual bagi Ganjar Pranowo," ujar Said Abdullah dalam keterangannya, Sabtu (1/7).

Sesuai cerita yang disampaikan oleh Ganjar kepada Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, Ganjar juga sempat berjumpa dengan berbagai ulama dan habaib di Tanah Suci.

Baca juga : Jaga Kesehatan Jemaah Haji, Nakes Pantau Lewat KKJH

"Mas Ganjar menyatakan, beliau benar-benar nyantri selama di Tanah Suci ini. Kata beliau yang disampaikan kepada Mbak Puan, dia mendapatkan banyak wejangan dari banyak ulama dan habaib yang juga sedang berhaji," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Ganjar merasa dimudahkan selama berhaji. Ganjar beribadah layaknya warga negara Indonesia pada umumnya, tanpa pengawalan dan protokoler standar pejabat tinggi negara.

"Selama wukuf, tawaf ifadah, hingga sai berjalan lancar, hatinya adem. Kata beliau, dia tidak kepanasan, rasanya ada energi yang menggerakkan," cerita Said.

Ganjar juga menyempatkan ziarah ke makam ulama Indonesia yang juga guru panutan Ganjar dari Jawa Tengah. Apalagi, Gus Yasin, putra Mbah Moen, mendampingi Ganjar sebagai wakil gubernur di Jateng.

Baca juga : Catat! Ini Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji Dari 6 Bandara AP II

"Mas Ganjar berziarah karena tentu tidak bisa melupakan jasa besar Mbah Moen. Ini adab yang baik dari Mas Ganjar," tutur Ketua Banggar DPR.

Said juga amat bahagia melihat kekompakan Ganjar dan Puan yang kerap ditunjukkan di depan publik. Ini sekaligus menepis anggapan Puan kecewa karena rekomendasi capres Banteng tak jatuh kepadanya.

"Sikap Mbak Puan ini jadi contoh bagi seluruh kader PDI Perjuangan. Mbak Puan kian matang dalam berpolitik dan bernegara," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.