Dark/Light Mode

Ganjaran Buruh Gelar Penyuluhan Kesehatan Dan Tes IVA Bersama Pekerja Perempuan 

Minggu, 2 Juli 2023 11:52 WIB
Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang GBB mengadakan penyuluhan kesehatan reproduksi untuk buruh perempuan di  Desa Tagogapu, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (2/7). (Foto: Ist)
Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang GBB mengadakan penyuluhan kesehatan reproduksi untuk buruh perempuan di  Desa Tagogapu, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (2/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) mengadakan penyuluhan kesehatan reproduksi untuk buruh perempuan di  Desa Tagogapu, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 200-an buruh perempuan dari berbagai pabrik di Padalarang itu juga diadakan tes IVA (inspeksi visuam asam asetat) secara gratis.

Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap kesehatan reproduksi buruh perempuan.

“Kami terinspirasi dari Pak Ganjar Pranowo yang selalu mencontohkan agar rakyat Indonesia selalu hidup sehat. Sebab, bangsa yang sehat akan mendorong produktivitas meningkat,” ujar dia dalam siaran persnya, Minggu (2/6).

Baca juga : Muslimah Ganjar Gelar Pelatihan Memasak Sup Kambing Bersama Ibu-ibu Di Jakarta

Menurut Lukman, kegiatan tersebut juga merupakan tindak lanjut dari pembukaan Posko GBB untuk pemenangan Ganjar Pranowo di Desa Tagogapu.

“Harapannya kegiatan ini dapat mendorong perluasan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden RI, khususnya di Desa Tagogapu, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat,” ujar dia.

Senada dengan Lukman, Ketua Dewan Pembina GBB,  Feri Indrianto menambahkan bahwa mereka saat ini berfokus pada sosialisasi di tataran akar rumput di kantong kantong buruh. 

"Ya, saat ini GBB fokus melakukan canvassing  akar rumput di kantong-kantong buruh, baik formal dan informal. Output dari canvassing ini adalah menyiapkan struktur pemenangan di basis maupun tingkat perusahaan-perusahaan," ujar Feri Indrianto.

Baca juga : Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Di Bandung

Untuk diketahui, jumlah buruh formal di Kabupaten Bandung Barat mencapai 251 ribu orang dan buruh non-formal sekitar 406 ribu orang.

Sementara Siti Hanifa selaku dokter yang melakukan penyuluhan kespro, berharap agar buruh-buruh perempuan tidak takut untuk melakukan test IVA.

“Test Iva bukan untuk mengetes ada atau tidaknya kanker, tetapi hanya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi perempuan,” kata dia.

Beberapa buruh perempuan yang mengikuti test IVA menyatakan bahwa penyuluhan dan tes IVA sangat bagus untuk warga di desa Tagogapu.  

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Potong Hewan Kurban Bersama Warga Di Indramayu

Dengan tes IVA, para buruh jadi tahu tentang kondisi kesehantan reporduksi. Mereka pun siap mendukung dan memenangkan Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024.

Kegiatan penyuluhan berjalan lancar dengan paparan oleh dr Siti Hanifa terkait seluk beluk kesehatan reproduksi perempuan dan test IVA. 

Kemudian sebelum prosesi test IVA diselingi dengan foto bersama dan meneriakan yel-yel Ganjar Pranowo, Presiden! Dan GBB Keren!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.