Dark/Light Mode

Keliling Sydney Naik Kapal

Albanese Terinspirasi Gaya Jokowi Di Bajo

Rabu, 5 Juli 2023 08:00 WIB
Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese mengajak Presiden Jokowi menaiki kapal dari Dermaga Admiralty House menuju Dermaga Taronga Zoo di Sydney, Australia, Selasa (4/7). Selama perjalanan, Presiden dan PM Albanese berbincang akrab di geladak belakang kapal sambil menikmati indahnya pemandangan kota Sydney. (Foto: BIRO PERS)
Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese mengajak Presiden Jokowi menaiki kapal dari Dermaga Admiralty House menuju Dermaga Taronga Zoo di Sydney, Australia, Selasa (4/7). Selama perjalanan, Presiden dan PM Albanese berbincang akrab di geladak belakang kapal sambil menikmati indahnya pemandangan kota Sydney. (Foto: BIRO PERS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kunjungan Presiden Jokowi ke Negeri Kanguru mendapat sambutan hangat dari Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese. Dari pagi hingga malam, Jokowi dijamu bak seorang sahabat lama. Albanese bahkan mengajak Jokowi keliling Sydney naik kapal. Sepertinya, sikap Albanese ini, terinsipirasi Jokowi saat mengajak delegasi pemimpin ASEAN naik Kapal Phinisi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Mei lalu.

Senin (3/7) malam, Jokowi tiba di Sydney, Australia. Kunjungan Jokowi ke Negeri Koala itu dalam rangka Pertemuan Tahunan Pimpinan Indonesia Australia atau Annual Leaders’ Meeting.

Kemarin, Jokowi memulai agenda dengan menghadiri upacara penyambutan kenegaraan di Admiralty House, Sydney. Turun dari mobil, Jokowi disambut langsung Gubernur Jenderal Australia, David Hurley. Kedua pemimpin kemudian berjalan beriringan menuju lokasi upacara penyambutan kenegaraan dengan iringan 21 dentuman meriam.

Baca juga : Tiba Di Sydney Setelah Terbang 7 Jam, Jokowi Disambut Banyak Pejabat Australia

Setelah Presiden Jokowi berada di mimbar kehormatan, lagu kebangsaan masing-masing negera diperdengarkan. Kemudian Gubernur Jenderal Hurley mempersilakan Jokowi memeriksa barisan kehormatan dan diikuti dengan pengenalan delegasi masing-masing.

Setelahnya, Jokowi bersama Hurley memasuki bangunan Admiralty House untuk menandatangani buku tamu dan dilanjutkan dengan pertemuan tatap muka.

“Saya senang menyambut anda di Admiralty House,” sambut Hurley.

Baca juga : SIM Keliling Tangsel Kamis 8 Juni, Cek Disini Lokasinya

Jokowi membalas sambutan tersebut dengan mengapresiasi dukungan Hurley dalam penguatan hubungan bilateral Indonesia dan Australia. “Saya ingin hubungan dekat antara dua pemerintah dapat juga diikuti kedekatan-kedekatan di tingkat masyarakat,” ucapnya.

Pertemuan Hurley dan Jokowi berlangsung sekira 20 menit. Setelah itu, Albanese hadir dan kemudian para pemimpin tersebut melaksanakan foto bersama di teras Admiralty House. Usai berfoto bersama, rangkaian penyambutan kenegaraan diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan.

Keakraban Jokowi dengan Albanese terlihat sejak keduanya berada di Admiralty House. Sebelum santap siang, Albanese mengajak Jokowi berkeliling di halaman belakang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.