Dark/Light Mode

Pandawa Ganjar Deklarasi Dukungan, Gaungkan Kebaikan Dan Persatuan

Rabu, 5 Juli 2023 20:34 WIB
Ratusan pemuda-pemudi dari ujung Sumatera hingga ujung Papua yang tergabung dalam relawan Pandawa Ganjar mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon presiden bacapres, Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024 di Rumah Merah Putih, Jalan Bukit Duri Raya Nomor 29, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta pada Rabu (5/7). (Foto: Ist)
Ratusan pemuda-pemudi dari ujung Sumatera hingga ujung Papua yang tergabung dalam relawan Pandawa Ganjar mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon presiden bacapres, Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024 di Rumah Merah Putih, Jalan Bukit Duri Raya Nomor 29, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta pada Rabu (5/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan pemuda-pemudi dari ujung Sumatera hingga ujung Papua yang tergabung dalam relawan Pandawa Ganjar mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon presiden (bacapres), Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. 

Deklarasi yang diselenggarakan di Rumah Merah Putih, Jalan Bukit Duri Raya Nomor 29, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta pada Rabu (5/7) itu diwarnai penampilan Tarian Wisisi khas Papua. Pernyataan deklarasi pun digaungkan dengan antusiasme tinggi para relawan. 

“Kami segenap relawan Pandawa Ganjar se-Nusantara dari ujung Sumatera hingga ujung Papua dengan kesungguhan hati dan penuh sukarela menyatakan mendukung Ganjar Pranowo,” kata Ketua Pandawa Ganjar Safrudin Abas atau Safas diikuti semua relawan yang hadir. 

Dengan mengusung nama ‘Pandawa’, Safas menyebut pihaknya berkomitmen menunjukkan filosofi kebaikan, nilai-nilai persaudaraan, hingga sikap kesetiaan dalam setiap kegiatan kerelawanan nanti. 

Baca juga : Projo Sumbar Deklarasi Dukung Prabowo-Airlangga

Selain itu, kata Safas, Pandawa Ganjar juga akan selalu menggunakan narasi-narasi positif-beradab untuk menjadi generasi penjaga nilai-nilai pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Sehingga kami memilih Pandawa Ganjar ini terhimpun anak-anak muda Sabang sampai Merauke untuk sama-sama mendorong dan mengawal Bapak Ganjar Pranowo,” kata Safas. 

Safas menjelaskan, deklarasi dukungan ini juga merupakan gerakkan untuk mewujudkan persatuan Indonesia di kalangan pemuda-pemudi dalam bingkai kebhinekaan. 

Sebagaimana Ganjar yang mewujudkan persatuan itu dengan raihan kota paling toleran di Indonesia versi SETARA Institute selama memimpin Jawa Tengah sebagai Gubernur. Yakni Salatiga, Surakarta, Semarang, dan Magelang. 

Baca juga : Ganjar Gratiskan Biaya Air Bersih Untuk Ringankan Beban Warga

“Kami mencoba untuk menyatukan konsep perbedaan lintas pemuda maupun lintas kebudayaan. Sehingga gerakkan kebudayaan yang kita bangun ini benar-benar gerakkan yang orisinal, baik dari Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, sampai ke Sumatera,” katanya. 

Gerakkan ini, kata Safas, juga terinspirasi dari kepemimpinan Ganjar yang adaptif dan masuk ke semua kalangan. Safas pun meyakini sifat tersebut dapat mewujudkan persatuan Indonesia. 

“Beliau (Ganjar), tidak kaku, beliau cair. Beliau karakternya merakyat dan suka blusukan. Generasi milenial hari ini menginginkan pemimpin yang menyesuaikan, adaptif dengan perkembangan zaman hari ini. Makanya kami apresiasi kepada Pak Ganjar,” katanya. 

Ke depan, Safas menyebut pihaknya akan menggelar berbagai program positif untuk pemuda-pemudi di berbagai daerah Indonesia. Dalam waktu dekat Pandawa Ganjar turut mengadakan pelatihan usaha dan digital. 

Baca juga : Peduli Lingkungan, PPLI Wujudkan Pelestarian Alam Dan Pengolahan Limbah

“Salah satunya safari UMKM. Kemudian gerakan-gerakan literasi harus kita bangun, terutama di daerah-daerah bagian timur, terpencil, yang akses pengetahuannya agak terbatas. Lebih real lagi ke bawah,” kata Safas. 

Safas berkomitmen relawan Pandawa Ganjar bergerak bersama menebarkan filosofi kebaikan dan persatuan Indonesia. Safas berharap gerakan tersebut dapat turut mewujudkan Ganjar Pranowo Presiden 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.