Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Srikandi Ganjar Tingkatkan Kreativitas Milenial Lewat Pelatihan Makrame

Jumat, 7 Juli 2023 16:13 WIB
Sesuai dengan visi misinya dalam menebarkan manfaat, Srikandi Ganjar Kalimantan Barat terus melakukan berbagai kegiatan positif. Terbaru, mereka menggelar pelatihan kerajinan makrame pada Jumat (7/7). (Foto: Ist)
Sesuai dengan visi misinya dalam menebarkan manfaat, Srikandi Ganjar Kalimantan Barat terus melakukan berbagai kegiatan positif. Terbaru, mereka menggelar pelatihan kerajinan makrame pada Jumat (7/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sesuai dengan visi misinya dalam menebarkan manfaat, Srikandi Ganjar Kalimantan Barat terus melakukan berbagai kegiatan positif. Terbaru, mereka menggelar pelatihan kerajinan makrame pada Jumat (7/7). 

Berkolaborasi dengan kyms craft, acara yang menyasar perempuan milenial itu berlangsung di Heim Coffee Jalan Dr Sutomo, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. 

Korwil Srikandi Ganjar Kalbar Putri Adelia mengatakan, pelatihan ini digelar guna meningkatkan kreativitas di bidang kerajinan tangan khususnya makrame. 

"Berkolaborasi dengan kyms craft untuk menggandeng para perempuan milenial belajar bagaimana caranya untuk membikin makrame, karna ini salah satu yang lebih gampang dibandingkan (kerajinan) yang lain," ujar perempuan yang biasa disapa Adel tersebut. 

Baca juga : Santri Ganjar Sosialisasikan Pengelolaan Air Minum Sehat Di Lampung

Makrame adalah kerajinan tangan simpul-menyimpul dengan menggunakan berbagai macam benang, salah satunya benang katun. 

Nantinya dari kerajinan ini bisa menghasilkan berbagai jenis merchandise menarik berbentuk gantungan kunci, aneka bunga, tas, dan lain sebagainya. 

Menurut Adel, kerajinan makrame sangat digandrungi kalangan muda di Kalimantan termasuk Kota Pontianak. Berbekal tingginya ketertarikan yang ada saat ini, Srikandi memberikan wadah untuk para perempuan milenial menyalurkan kreativitasnya. 

"Di Pontianak ini salah satu hal yang hype banget sama anak-anak milenial terutama perempuan yang ada di sini, makanya kita menginisiasi agenda ini," jelas Adel. 

Baca juga : Sukses Turunkan Angka Stunting, Ganjar Disematkan Satyalencana Wira Karya

Dia berharap, pelatihan ini nantinya dapat meningkatkan ekonomi kreatif perempuan milenial Pontianak. Sebab, kerajinan makrame bisa bermodalkan biaya sekecil-kecilnya dengan perolehan untung yang sebesar-besarnya. 

"Dengan adanya kegiatan ini kita bisa meningkatkan ekonomi kreatif yang ada di sini, bisa menjadikan ini salah satu sumber usaha ataupun mata pencaharian bagi perempuan milenial," kata Adel. 

"Karena sebenarnya makrame ini memiliki daya jual yang tinggi tapi untuk modalnya enggak terlalu banyak," lanjut dia. 

Pelatihan ini disambut hangat oleh para peserta, seperti yang diungkapkan Nupriliana (24). Dia menilai pelatihan kelas makrame sangat menyenangkan dan bermanfaat. 

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Kelas Pelatihan Sambung Bulu Mata di LampungĀ 

"Kegiatan sekarang menurut saya ini sangat menyenangkan. Harapannya ke depannya lebih diperluas lagi karena bisa membuat banyak generasi muda lebih kreatif lagi," ungkap Nupriliana. 

Selain itu, Nupriliana pun mengaku tertarik untuk melirik usaha kerajinan tangan jenis makrame karena dianggap bisa menghasilkan cuan. 

"Manfaatnya memperdalam kreativitas saya. Bagi kami sebagai milenial generasi muda sekarang bisa jadi ladang usaha ke depannya nanti," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.