Dark/Light Mode

Srikandi Ganjar Ajak Perempuan Milenial Lestarikan Budaya Lewat Tari Bosara

Kamis, 6 Juli 2023 11:44 WIB
Srikandi Ganjar menggelar kegiatan workshop Tari Bosara atau Tari Penjemputan Tamu bersama para perempuan milenial di Desa Pasempe, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan Sulsel, Kamis (6/7). (Foto: Ist)
Srikandi Ganjar menggelar kegiatan workshop Tari Bosara atau Tari Penjemputan Tamu bersama para perempuan milenial di Desa Pasempe, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan Sulsel, Kamis (6/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Srikandi Ganjar kembali melakukan kegiatan bermanfaat kepada masyarakat luas, khususnya para milenial.

Kali ini, Srikandi Ganjar menggelar kegiatan workshop Tari Bosara atau Tari Penjemputan Tamu bersama para perempuan milenial di Desa Pasempe, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Koordinator Wilayah Srikandi Sulsel Nurul Awainah mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperkenalkan tarian ini kepada para milenial, sekaligus mengajak mereka untuk bisa terus melestarikan budaya lokal tersebut.

Dia menilai zaman yang canggih ini bisa menimbulkan perubahan pola hidup milenial yang lebih modern, sehingga mereka lebih memilih kebudayaan baru dibanding dengan budaya lokal.

Baca juga : Pandawa Ganjar Deklarasi Dukungan, Gaungkan Kebaikan Dan Persatuan

"Akibatnya, milenial cenderung untuk memilih kebudayaan baru yang dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya lokal," tutur Nurul Awainah dalam siaran persnya, Kamis (6/7).

Dia menambahkan salah satu faktor yang menyebabkan budaya lokal dilupakan hingga saat ini, karena kurangnya generasi penerus yang memiliki minat untuk belajar dan mewarisi kebudayaannya sendiri.

Oleh karena itu, perempuan pendukung Ganjar Pranowo itu mengajak milenial untuk bisa berpartisipasi melestarikan budaya tersebut.

"Tim Srikandi Ganjar Sulsel mengajak para perempuan millenial yang berada di Desa Pasempe Kabupaten Bone agar mengikuti program ini dan ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya bangsa ini," ungkap dia.

Baca juga : Taman Safari Indonesia Ajak Masyarakat Lestarikan Cerita Dunia Satwa

Menurut dia, workshop tersebut diikuti oleh puluhan perempuan milenial dari Kabupaten Bone. Mereka terlihat sangat semangat belajar Tari Bosara. 

"Mereka di sini diajarkan cara belajar tarian tradisional," ungkap dia.

Dalam kegiatan tersebut, Nurul Awainah juga tidak lupa memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden Tahun 2024 kepada para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Salah satu peserta, Lita sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Srikandi Ganjar Sulsel.

Baca juga : Mak Ganjar Latih Ibu-Ibu Cara Membuat Hiasan Bunga Dari Limbah Plastik

Dia mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat kepada masyarakat, khususnya para milenial. Sebab, adanya workshop ini dirinya mengetahui Tari Bosara.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat banget buat saya dan teman-teman. Pada kegiatan ini saya diajarkan menari Tarian Bosara. Saya berharap Srikandi Ganjar bisa melakukan kegiatan serupa di desa kami ini," kata Lita. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.