Dark/Light Mode

Putar Balik! Jalan Malang-Lumajang Ditutup Akibat Longsor, Ini Jalur Alternatif

Jumat, 7 Juli 2023 17:19 WIB
Akses jalan penghubung Lumajang-Malang di KM 59 Jalur Piket Nol Kamarkajan ditutup akibat tertimbun longsor. (Foto: Twitter/info_semeru)
Akses jalan penghubung Lumajang-Malang di KM 59 Jalur Piket Nol Kamarkajan ditutup akibat tertimbun longsor. (Foto: Twitter/info_semeru)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bencana longsor di Lumajang, Jawa Timur mengakibat akses jalan yang menghubungkan ke dan dari Malang melalui Kecamatan Ampelgading, ditutup, Jumat (7/7).

Longsor terjadi tepatnya di KM 59 Jalur Piket Nol Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Kasat Lantas Polres Malang, AKP Agnis Juwita Manurung mengaku langsung melakukan penutupan akses jalan tidak lama setelah bencana longsor terjadi.

Baca juga : Sisa Jabatan 3 Bulan Lagi, Kang Emil Pamitan Ke Warga Bogor, Ini Pesannya

"Kami melakukan penutupan arus kendaraan sejak terjadi longsor," ujar Agnis dilansir Antara.

Ia mengimbau agar pengendara yang hendak menuju Lumajang untuk berhati-hati dan disarankan menggunakan jalur alternatif melalui Pasuruan-Probolinggo.

Jika sudah terlanjur mengarah ke Kecamatan Ampelgading diminta untuk putar balik di Simpang Tiga Kecamatan Turen dan di Simpang Empat Kecamatan Dampit.

Baca juga : Agar Tak Tertipu Belanja Di Social Commerce, Ini Saran Kemendag

Tim gabungan, sebutny telah mengerahkan alat berat untuk membuka kembali jalan yang tertimbun longsor. 

Namun, cuaca terkini dari Kecamatan Ampelgading, yang berbatasan dengan Kabupaten Lumajang, masih terus diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. 

"Cuaca saat ini masih hujan, dikhawatirkan ada longsor susulan," tambah Agnis.

Baca juga : Perpustakaan Perguruan Tinggi Dituntut Lakukan Inovasi Kelola Sumber Informasi

Di hari yang sama, sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan 3 korban tewas tertimpa longsor di Dusun Sriti, Sumberurip Pronojiwo Lumajang, Jumat dini hari (7/7).

Tebing longsor menimpa rumah. Sementara di dalam rumah, terdapat Pasutri muda dan bayi 4 bulan. Ketiganya meninggal dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.