Dark/Light Mode

Hadir Di Young On Top National Conference 2023

Ganjar Tegaskan Dukung Anak Muda Kembangkan Potensi Di Era Digital

Sabtu, 15 Juli 2023 19:24 WIB
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo hadir di acara Young On Top National Conference 2023, di Kota Kasablanka, Jakarta hari ini (15/7) malam. (Foto: Ist)
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo hadir di acara Young On Top National Conference 2023, di Kota Kasablanka, Jakarta hari ini (15/7) malam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo hadir di acara Young On Top National Conference 2023, di Kota Kasablanka, Jakarta hari ini (15/7) malam. Ganjar menyampaikan komitmennya untuk menyediakan platform, peluang, dan dukungan yang diperlukan agar generasi muda dapat berkembang dan mengembangkan potensinya. 

“Sepanjang karir politik saya di elected office, di posisi yang saya duduk karena dipilih dan terpilih. Sudah tidak bisa dihitung lagi berapa banyak saya bertatap muka, berdialog, dan menyambung rasa dengan generasi muda Indonesia. Kalau boleh menyimpulkan, saya mengerti dan paham apa yang generasi muda itu inginkan. Karena apa? Sederhana, saya pernah muda, pernah menjadi seperti anda, dan saya juga punya anak yang satu generasi dengan anda,” tutur Ganjar. 

Salah satunya, tambah  Ganjar, sering ia mendengar dari anak muda yang sudah belajar tekun, lulus dari perguruan tinggi, namun tidak dapat menemukan pekerjaan yang baik. Hal ini berkaitan dengan semakin pentingnya pendidikan yang relevan untuk meningkatkan kualitas human capital, dari segi formal maupun informal, dan harus merata. Harapannya tidak hanya value-nya yang meningkat tapi juga kualitas hidup mereka.

Baca juga : Jadi Anggota IdEA, Xooply Metranet Dukung Transformasi Digital

“Kita berdiri di persimpangan antara tantangan besar dan peluang yang lebih besar. Era digital, dengan segala kompleksitasnya, telah tiba, dan ini adalah tugas kita bersama untuk memanfaatkan potensinya yang luar biasa. Janji negara yang lebih kuat tidak berada di tangan segelintir orang, tetapi dalam upaya kolektif semua warganya. Dan itu dimulai dengan Anda, generasi muda kita, yang juga punya potensi luar biasa,” ungkapnya.

Maka, lanjut Ganjar, kita harus sepakat bahwa Indonesia itu tidak cukup menjadi berubah saja, menjadi maju saja, menjadi makmur saja. 

“Tetapi kemajuan, kemakmuran, dan perbaikan itu harus dipicu dan dipacu oleh kebaruan, oleh pembaharuan. Dan yang baru itu adalah generasi kalian ini. Yang baru itu adalah semangat, gagasan, keyakinan, dan karya kalian. Jadi Indonesia harus menjadi Indonesia yang baru bersama kalian,” ujarnya.

Baca juga : Pandawa Ganjar Dorong Milenial Kembangkan Kebudayaan Di Kota Palembang

Gubernur Jawa Tengah ini juga menyampaikan komitmennya untuk menyediakan platform, peluang, dan dukungan yang diperlukan agar generasi muda dapat berkembang dan mengembangkan potensinya. 

“Saya berjanji untuk mendengar, memahami, dan bertindak. Bersama, kita akan membangun sistem yang mempersiapkan Anda untuk masa depan, memajukan industri lokal yang dapat bersaing secara global, dan menciptakan masyarakat yang menghargai inovasi dan inklusivitas,” tegasnya.

Kepada audiens yang hadir, Ganjar menyampaikan sebuah peribahasa Jawa “Sekar kawentar bar kang nyawentar. Artinya, bunga yang gugur dibawa angin, batangnya tetap berdiri. Ini mengingatkan kita bahwa bersama-sama kita bisa tetap kuat dan berdiri walaupun menghadapi tantangan yang berat sekalipun.”

Baca juga : Pandawa Ganjar Deklarasi Dukungan, Gaungkan Kebaikan Dan Persatuan

Ia juga menyebutkan, sebagai seseorang yang tumbuh dalam keluarga sederhana di Karanganyar dan selalu berusaha tanpa henti.

"Saya tahu apa artinya berjuang, khawatir seberapa jauh gaji Anda akan mencukupi; mengambil pekerjaan tambahan untuk mencukupi keluarga Anda; bahkan harus menunda pendidikan karena harus mencari tambahan untuk membayar biaya kuliah. Karena pengalaman-pengalaman ini, dan karena tantangan-tantangan yang saya lihat dan dengar, saya memutuskan untuk mengutamakan perekonomian. Untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk memastikan bahwa generasi muda memiliki akses yang merata ke pekerjaan yang baik dan peluang, sehingga kualitas hidup dan kesejahteraan juga dapat terus di kondisi yang baik. Ini adalah prioritas utama saya!” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.