Dark/Light Mode

Kocak! Jawaban Airlangga, Ditanya Soal Sinyal Golkar Jelang Pilpres Depan Ganjar

Senin, 17 Juli 2023 17:37 WIB
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat makan siang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (17/7). (Foto: Instagram/airlanggahartarto_official)
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat makan siang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (17/7). (Foto: Instagram/airlanggahartarto_official)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab santai saat disinggung soal sinyal dukungan partainya di Pilpres 2024 mendatang. Selain santai, jawaban Ketum Partai Golkar ini juga kocak dan bersayap.

Pertanyaan itu muncul saat konferensi pers. Usai pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (17/7).

Pertemuan ini, sebut Airlangga sebetulnya tidak spesifik membahas soal politik. Melainkan terkait keberlangsungan 37 Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jateng, dengan total investasi mencapai Rp 258,76 triliun.

“Selama di ruang rapat tidak ada (pembicaraan politik), tapi sebelum rapat ya pasti ada lah. Namanya ngobrol sambil makan,” tutur bos Beringin ini.

Baca juga : Elite Golkar Bilang Cuma Rayakan Ultah

Kendati demikian, lantaran pertemuan kedua tokoh politik ini berlangsung di tahun politik, pernyataan seputar politik tak bisa dihindarkan. Salah satunya soal sinyal kedekatan antara Airlangga dan Ganjar jelang Pilpres 2024.

"Dari dulu akrab," ucap Ganjar, lalu tertawa. "Kalau sudah dekat, sinyalnya tinggi. Kalau jauh sinyalnya roaming," timpal Airlangga, yang kembali memancing tawa awak media.

Saat pertanyaan soal koalisi dan Pilpres semakin mengerucut, Airlangga juga meresponsnya dengan kalimat bersayap dan kocak. Salah satunya soal kemungkinan partainya berlabuh ke koalisi yang digagas oleh PDIP.

"Yang pertama, komunikasi dengan ketua umum (Megawati Soekarnoputri) cair ya. Dan saya hadir di ulang tahunnya PDIP," ujar Airlangga.

Baca juga : Ngakalin Sistem Zonasi, Ribuan Anak Di DKI Bikin Surat Pindah Domisili Jelang Penerimaan Siswa Baru

"Pak Ganjar sebelah kiri, saya di sebelah kanan. Jaraknya sama lah kira-kira. Sama seperti hari ini. Bedanya waktu itu di tengah ada 3 orang, ada pak presiden, bu Mega dan saya di sebelah bu Puan. Kalau dari situ, jarak saya dengan pak Ganjar gak beda-beda jauh. Dekat," tuturnya, sambil tertawa.

Akan tetapi, ia juga tidak menampik jika partainya saat ini juga dekat dengan koalisi lain. Misalnya dengan salah satu partai di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yakni NasDem.

"Dengan yang lain juga baik. Kalau NasDem kan ulang tahun Golkar hadir. Pak Surya sendiri. Itu biasa saja, karena bang Surya, alumni Golkar. Pak Prabowo, alumni Golkar. Nah itu," candanya lagi.

Kendati demikian, Airlangga kembali menegaskan kedekatannya saat ini dengan Ganjar. Namun jawabannya masih bersayap, tidak secara eksplisit.

Baca juga : Ini Jawaban Jokowi, Ditanya Anak SD Di Papua Soal Perpidahan Ibu Kota Negara

"Pak Ganjar dan saya itu penyakitnya sama, penyakit Gajah Mada, sama-sama lulusan Gajah Mada," ungkap Airlangga, lalu terkekeh.

"Kalau hari ini pasti deket dengan Ganjar ya, enggak ada siapapun di samping ya," tandasnya, sembari menujuk posisi berdirinya dengan Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.