Dark/Light Mode

Tutup Rescue Journey, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Keselamatan Berkendara

Rabu, 19 Juli 2023 21:52 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (berkemeja putih) dalam Pembekalan Rescue Journey: Father and Son Blackstone Riders, di Blackstone Garage, di Jakarta, Rabu (19/7). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (berkemeja putih) dalam Pembekalan Rescue Journey: Father and Son Blackstone Riders, di Blackstone Garage, di Jakarta, Rabu (19/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menutup kegiatan 'Pembekalan Rescue Journey: Father and Son Blackstone Riders', di Blackstone Garage, di Jalan Hang Jebat 1A, Jakarta Selatan, Rabu (19/7). Di acara itu, Bamsoet memberikan sertifikat dan piagam penghargaan kepada para pelatih dan peserta.

Kegiatan ini diikuti sekitar 100 peserta yang berasal dari berbagai komunitas otomotif. Antara lain Versys x Indonesia, Ninja Injection Owners, Moto Ladies, dan MBI DKI Jakarta. Para dokter yang mengisi materi antara lain Annemarie Chrysantia Melati, Astrid Pratidina Susilo, Brillyan Toar Jehosua, Defitra Nanda Sasmita, Lita Hasnah Purwati, Muhammad Ardiansyah, Muhammad Iqbal, Noor Hafidz, Nopri Fitriani, Resiana Karnina, dan Steven Yoe.

Baca juga : BP2MI Tunggu Jawaban Pemerintah Korea Buka Kesempatan Kerja PMI Sektor Pertanian

“Para peserta mendapatkan berbagai pembekalan, pengetahuan dan pelatihan terhadap berbagai hal. Antara lain, prinsip melakukan pertolongan pada korban kecelakaan lalu lintas, tata kelola lokasi kejadian kecelakaan, cara melakukan penilaian dan pemilahan kegawatan korban, evakuasi korban, indikasi memindahkan korban kecelakaan, metode evakuasi dengan satu penolong, hingga metode evakuasi dengan dua penolong," ujar Bamsoet.

Ketua MPR ini menjelaskan, kehadiran para pelatih dan para peserta pembekalan, dilandasi oleh kesadaran, kepedulian, dan komitmen yang sama, bahwa faktor keselamatan adalah prioritas utama dalam berkendara. Data Korlantas Polri menunjukkan, angka kecelakaan lalu lintas sepanjang 2022 mencapai 131.150 kasus. Angka ini meningkat sekitar 27 persen dari tahun sebelumnya yang sebanyak 103.645 kasus.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ingatkan PNS Jaga Benteng Integritas Dan Profesional

"Dari jumlah tersebut, kecelakaan terbanyak terjadi pada sepeda motor, dengan persentase mencapai 74,35 persen. Tingginya angka kecelakaan meniscayakan perlunya pemahaman mengenai langkah-langkah mitigasi atau upaya penanggulangan untuk meminimalisir dampak fatalitas," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, langkah mitigasi ini penting dipahami. Khususnya, dalam rangka menurunkan angka kematian dan kecacatan akibat keterlambatan atau kesalahan dalam melakukan pertolongan terhadap korban kecelakaan. 

Baca juga : Terima Pemuda Batak Bersatu, Bamsoet Ajak Rawat Persatuan & Kesatuan Bangsa

Bagi para anggota komunitas otomotif, penanganan pertama pada kecelakaan sangat penting dipahami. Mengingat setiap tahunnya ada lebih dari 3 ribu kegiatan touring yang diselenggarakan berbagai komunitas.

"Harus dipahami bahwa kesalahan dalam manajemen pertolongan adalah variabel yang dapat dicegah. Pada prinsipnya, setiap orang awam bisa melakukan pertolongan. Semakin banyak orang awam yang mengerti cara melakukan pertolongan, maka semakin banyak korban yang dapat tertolong," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.