Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ridwan Kamil Minta Pemkot Cirebon Siapkan SMK Dukung Kawasan Rebana

Kamis, 20 Juli 2023 18:23 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ketiga dari kiri) menghadiri peringatan Hari Jadi Ke-654 Kota Cirebon di Griya Sawala DPRD, Kota Cirebon.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ketiga dari kiri) menghadiri peringatan Hari Jadi Ke-654 Kota Cirebon di Griya Sawala DPRD, Kota Cirebon.

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Pemda Kota Cirebon menyiapkan sekolah kejuruan untuk mendukung pengembangan Kawasan Rebana.

Rebana Metropolitan ini merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Apalagi Kota Cirebon yang mengandalkan jasa dan perdagangan digadang-gadang sebagai pusat pengembangan Kawasan Rebana.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ingatkan PNS Jaga Benteng Integritas Dan Profesional

Pentingnya sekolah kejuruan mendukung kawasan Rebana ini disampaikan Ridwan Kamil saat menghadiri peringatan Hari Jadi ke - 654 Kota Cirebon di Griya Sawala DPRD, Kota Cirebon, kemarin.

"Pendidikan harus merespons karena ada 4,5 juta tenaga kerja terserap dalam 10 tahun. Jangan sampai 4,5 juta itu tidak dinikmati anak - anak Kota Cirebon," ujar Ridwan Kamil.

Menurutnya, agar penyerapan tenaga kerja lokal maksimal, maka infrastruktur pendidikan harus segaris dengan peta industri yang akan dikembangkan di Rebana.

Baca juga : Harvest City Terapkan Strategi Pemasaran Digital

"Jadi tolong lihat Rebana mau ke mana arah ekonomi bisnisnya, SMA dan SMK-nya fokuskan ke sana. Masa depan Jawa Barat ada di Rebana," kata Ridwan Kamil.

Gubernur menekankan, Pemda Kota harus menyediakan SMA baik negeri dan swasta yang memadai.

Paling penting SMK dengan pendidikan vokasinya yang akan mencetak ahli di satu bidang atau lapangan usaha.

Baca juga : Ridwan Kamil Dorong IKM Naik Kelas Masuk Ke Industri Besar

Tak boleh dilupakan, kerja sama dengan stakeholders guna mengembangkan perguruan tinggi. Penyiapan SMA/SMK dan perguruan tinggi di Cirebon bisa dilakukan dengan dua cara sekaligus yakni menambah jumlah sekolah, menambah jurusan kuliah, serta meningkatkan akreditasinya.

Dengan penyerapan tenaga kerja lokal yang maksimal, diharapkan pendapatan masyarakat meningkat yang ujungnya dapat menumbuhkan ekonomi Kota Cirebon.

Gubernur berharap, melalui momentum Hari Jadi ke - 654 Kota Cirebon yang bertepatan dengan Tahun Baru 1446 Hijriah, semakin memantapkan Kota Cirebon sebagai kawasan penting dalam pengembangan Rebana.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.