Dark/Light Mode

Relawan Des Ganjar Ikut Ramaikan Tradisi Petik Laut Larungan Di Kabupaten Malang

Jumat, 21 Juli 2023 10:12 WIB
Des Ganjar turut meramaikan dan mensupport kegiatan Petik Laut Larungan di pantai Sipelot Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Kamis (20/7). (Foto: Ist)
Des Ganjar turut meramaikan dan mensupport kegiatan Petik Laut Larungan di pantai Sipelot Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Kamis (20/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) terus menebarkan kegiatan positif di kalangan masyarakat.

Pada kesempatan kali ini Des Ganjar turut meramaikan dan mensupport kegiatan ‘Petik Laut Larungan’ bertempat di pantai Sipelot Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Kamis (20/7).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Des Ganjar Kabupaten Malang, Hendik Arso menjelaskan bahwa tradisi larungan rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Untuk kali ini, Des Ganjar turut memberikan bantuan agar acara berlangsung semakin meriah dan dinikmati warga.

“Kegiatan tahunan rutin dari nelayan atas berkah berlimpah dengan acara larungan dan petik laut. Desa untuk Ganjar dalam rangkaian larungan dan petik laut bekerja sama dengan nelayan,” ujar Hendik usai kegiatan, Kamis (20/7).

Baca juga : Gus Gus Ganjar Berikan Tausiyah Moderasi Beragama Di Probolinggo

Adapun Petik Laut Larungan adalah tradisi masyarakat pesisir pantau untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil laut yang berlimpah diperoleh para nelayan. 

“Tujuan kegiatan ini adalah ucapan syukur nelayan atas hasil tangkapan luar biasa,” jelas Hendik.

Kegiatan Petik Laut Larungan mendapat respons antusias dari Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bahkan Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto.

Para masyarakat yang hadir di pantai Sipelot, berbondong-bondong ingin menyaksikan puluhan nelayan membawa hasil bumi ke tengah laut sebagai bentuk tanda syukur.

Baca juga : Pandawa Ganjar Lakukan Baksos Dan Serahkan Tempat Sampah Untuk Warga Di Makassar

“(Respons masyarakat) sangat luar biasa. Apalagi dibantu oleh relawan Des Ganjar yang mana ikut bagian di dalamnya,” tutur Hendik.

Pujo salah satu nelayan di Desa Pujiharjo menyampaikan apresiasinya kepada Des Ganjar yang turut serta berpartisipasi di dalam kegiatan Petik Laut Larungan.

“Untuk (langkah) Des Ganjar bagus sekali, merakyat bagi kami,” kata Pujo.

Dalam kesempatan tersebut, Des Ganjar juga menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo yang akan maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Baca juga : KLHK Gelar Rakernis Perkuat Penanganan Aksi Iklim Di Kalimantan

Terbukti respons positif disampaikan para warga dan nelayan setempat kepada sosok Ganjar Pranowo. Bahkan mereka mendoakan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini agar dapat terpilih menjadi Presiden di 2024.

“Semoga Pak Ganjar makin jaya dan menjadi Presiden untuk masyarakat Indonesia,” ucap Pujo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.