Dark/Light Mode

Lampaui Target, 3 Atlet Para-Panahan Berhasil Lolos ke Paralimpiade 2024

Jumat, 21 Juli 2023 20:41 WIB
3 atlet para-panahan Indonesia berhasil lolos ke Paralimpiade 2024. (Foto: Istimewa)
3 atlet para-panahan Indonesia berhasil lolos ke Paralimpiade 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh Indonesia, usai berhasil meloloskan tiga atlet para-panahan ke Paralimpiade Paris 2024. 

Dalam Kejuaraan Dunia Para-Panahan yang berlangsung di Pilsen, Republik Ceko pada 17-23 Juli 2023, Kholidin dan Setiawan berhasil mengamankan tiket untuk nomor recurve men open, sementara Ken Swagumilang berhasil melaju di nomor compound men open.

Dalam pertandingan berkelas dunia tersebut, Kholidin menunjukkan performa cemerlang dan berhasil menempati peringkat keenam secara global serta peringkat ketiga di Asia. 

"Banyak pelajaran berharga yang bisa saya ambil dari kejuaraan ini,” ucap Kholidin.

Baca juga : Terapkan Hidup Sehat, Mulailah Beralih Ke Makanan Berbasis Nabati

Tak kalah mengesankan, atlet lain, yakni Setiawan mencatat pencapaian menakjubkan dengan mengalahkan mantan juara dunia, Eric Bennett, dengan skor 6-4 di babak 24 besar. 

Meskipun perjalanan Setiawan terhenti di babak delapan besar dunia, namun ia berhasil menempati posisi empat di Asia yang memastikan tiketnya ke Paralimpiade 2024. 

Setiawan sempat mengaku gugup ketika tampil di babak kualifikasi, karena harus bersaing dengan atlet-atlet peringkat atas. 

"Namun berkat dukungan dan motivasi dari pelatih dan teman-teman setim sehingga muncul semangat juang dalam diri saya," tuturnya

Baca juga : Gregor Cs Berburu Poin Olimpiade Paris 2024

Di nomor compound men open, Ken Swagumilang juga menunjukkan prestasi luar biasa dengan menempati peringkat kelima di Kejuaraan Dunia 2023, sementara di tingkat Asia, ia berada di peringkat satu. 

“Alhamdulillah, diizinkan Allah untuk mendapatkan tiket ke Paralimpiade 2024. Saya cukup puas untuk event ini karena saya mampu menunjukan kemajuan, tetapi secara keseluruhan saya belum puas karena masih banyak yang harus diperbaiki,” ujar Ken Swagumilang.

Keberhasilan meloloskan tiga atlet ini merupakan pencapaian gemilang bagi kontingen para-panahan Indonesia. Mereka berhasil mengatasi persaingan sengit dengan 68 peserta dari 55 negara di nomor recurve dan 83 peserta dari 55 negara di nomor compound.

Pelatih para-panahan Indonesia Idya Putra Harijanto bilang, pihaknya menargetkan dua atlet untuk melaju ke Paris 2024 dari kejuaraan ini.

Baca juga : PUPR Targetkan 13 Ruas Tol Baru Beroperasi Hingga Akhir 2023

"Namun ternyata target tersebut berhasil kita lewati dengan meloloskan tiga atlet," ungkapnya.

Meskipun terdapat beberapa atlet yang mencapai target skor, ada juga yang mengalami penurunan performa karena baru pertama kali berkompetisi di kejuaraan dunia. 

Hal ini menjadi dorongan bagi tim pelatih untuk lebih memperbanyak jam terbang para atlet dan mengasah mental mereka. 

Sebagai langkah awal, para-panahan Indonesia akan mengikuti serangkaian kejuaraan internasional, seperti Asian Para Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok, Asian Para Championship Bangkok pada bulan November, IWAS World Games Thailand di Desember, dan Fazza World Championship di Maret 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.