Dark/Light Mode

Puncak Papua Tengah Kekeringan, Panglima TNI Kirim Bantuan 2,5 Ton Sembako

Selasa, 25 Juli 2023 13:08 WIB
TNI mengirimkan bantuan untuk Puncak Papua Tengah. (Foto: Ist)
TNI mengirimkan bantuan untuk Puncak Papua Tengah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono mengirimkan, bantuan kemanusiaan ke Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Bantuan itu dikirim untuk membantu menanggulangi bencana kelaparan atau kekeringan di dua distrik di Kabupaten Puncak.

Bantuan Panglima yang dikirim berbarengan dengan bansos Kementerian Sosial ini diangkut menggunakan Pesawat Hercules TNI Angkatan Udara (AU) A-1327 melalui Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (24/7).

Baca juga : Putu Rudana Pantau Pemilu Kamboja: Penuh Kegembiraan, Patut Kita Contoh

Bantuan tersebut untuk menindaklanjuti surat keputusan Bupati Puncak Willem Wandik Nomor 300.2/28/tahun 2023 tanggal 7 Juni 2023 yang menetapkan status tanggap darurat bencana kelaparan/kekeringan di dua Distrik yaitu Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, terhitung mulai 7 Juni-7 Agustus 2023.

Adapun bantuan Panglima dan Kemensos berupa beras, mie instan, sembako, makanan siap saji, tenda gulung, sarden, kornet, biskuit, sosis, abon, pakaian, dan selimut. 

Baca juga : Tenang, Stok Pangan Kita Masih Aman Kok

“Total bansos yang dikirim itu seberat 12.515 kg. Pengiriman bansos menggunakan Pesawat Hercules TNI AU A-1327 itu melibatkan 13 kru, dengan pilot Mayor Pnb Putut, kopilot Ltt Pnb Gazha dan Ltd Pnb Agung, serta navigator Kapten Nav Gia,” dikutip dari keterangan pers Puspen TNI, Selasa (25/7).

Sementara itu, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan, bansos dari Yudo telah tiba di Timika pada Senin (24/7). Bantuan itu akan dikirim secara estafet dan selanjutnya akan dikirim menuju Bandara Sinak, Puncak.

Baca juga : Relawan Sintawati Gelar Senam Bersama Dan Bagikan Sembako

"Adapun jenis bantuan dari Panglima TNI berupa 2 ton beras, 200 dus mi instan, 300 paket sembako dengan berat total 2,5 ton. Sementara Kementerian Sosial menyalurkan makanan siap saji, selimut, dan pakaian," kata Kolonel Herman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.