Dark/Light Mode

AKP Seala Syah Alam, Kapolsek Kandidat Doktor

Selasa, 25 Juli 2023 20:32 WIB
Kapolsek Pagedangan AKP Seala Syah Alam (Foto: Istimewa)
Kapolsek Pagedangan AKP Seala Syah Alam (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menduduki jabatan Kapolsek di usia 33 tahun tidak membuat AKP Seala Syah Alam berhenti belajar. Saat ini, Kapolsek Pagedangan, Tangerang, ini tengah menempuh pendidikan doktoral di Universitas Indonesia (UI)

Seala mengatakan, pendidikan merupakan salah satu minatnya. “Saya sangat suka belajar, belajar tentang berbagai hal, baik itu secara akademik ataupun belajar dari pengalaman orang lain. Dengan begitu saya memiliki banyak literasi kehidupan,” ucapnya, Selasa (25/7).

Baca juga : KPK Tegaskan Kembalinya Endar Bukan Karena Banding Administratif Diterima

Tidak hanya berkecimpung dalam literasi Kepolisian ataupun bidang hukum yang berkaitan dengan tugasnya sebagai anggota Polri, Seala juga gemar menulis. Beberapa jurnal akademik sudah diterbitkan. Antara lain, “Strategi Dagulir Hadapi Krisis Pandemi Covid-19 Bidang Ekonomi Mikro”, “Reformasi Intelijen Indonesia Berbasis Good Governance dan Prinsip SSR”, “Analisa Perumusan Kebijakan di Balik Proyek Boeing B787”, “Analisis Kebijakan BIN dalam Menghadapi Pandemi”, “Sanksi Teguran Tertulis dalam Prespektif Penegakan Hukum Lingkungan”, dan “Perubahan Sosial dan Analisis Konflik di Maluku”.

Hobi belajar ini juga terlihat jelas di kesehariannya dalam memimpin Polsek Pagedangan. Dia sangat senang mempelajari berbagai perilaku masyarakat melalui pengaduan dan keluhan yang masuk ke Polsek Pagedangan.

Baca juga : Bacaan Shalawat Nariyah Arab, Latin, Dan Artinya

Dari pembelajaran tersebut, dia membuat berbagai trobosan yang menjadikan Polsek Pagedangan sebagai Polsek yang ramah ke masyarakat. Tidak ada dinding yang menghalangi masyarakat untuk melakukan pengaduan ataupun menyampaikan keluhan. Sekarang, para petugas polisi di Polsek Pagedangan yang melayani masyarakat dengan sopan dan  murah senyum. Yang dilakukan Seala ini mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat, sehingga tidak ada lagi jarak antara polisi dan masyarakat.

Walaupun berkesan lebih santai, tetapi seluruh polisi yang bertugas di Polsek Pagedangan tetap memegang teguh sumpah dan janji Polri. Sehingga mereka mengabdi dengan sepenuh hati dan mampu mengayomi masyarakat. 

Baca juga : DAIKIN Kenalkan Inovasi Dan Karier Industri Tata Udara Di Untar

“Sebenarnya tugas utama kepolisian tidak ada yang berbeda, dari Sabang sampai Merauke. Yaitu sebagi pelindung, pengayom, pelayan masyarakat. Peran Polri yang sangat strategis tersebut menggerakkan hati saya untuk terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” tutup Seala.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.