Dark/Light Mode

Jokowi Perintah Anak Buahnya Cepat Atasi Dampak Cuaca Ekstrim Di Papua Tengah

Senin, 31 Juli 2023 14:31 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai meresmikan Sodetan Kali Ciliwung ke BKT, Senin (31/7), di Inlet Sodetan Ciliwung, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai meresmikan Sodetan Kali Ciliwung ke BKT, Senin (31/7), di Inlet Sodetan Ciliwung, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cuaca ekstrim yang melanda Papua Tengah, mendapat perhatian Presiden Jokowi. Karena dampaknya bisa mengakibatkan kekeringn dan gagal panen.

Jokowi meminta anak buahnya untuk turun tangan, menangani dampak cuaca ekstrim tersebut. 

"Saya sudah perintahkan kepada Menko PMK," kata Jokowi kepada awak media, Senin (31/7).

Baca juga : Ibu negara Iriana Luncurkan Gerakan Anak Sehat Atasi Stunting Di Banyuwangi

Selain ke Menko PMK, Jokowi juga mengaku sudah kasih perintah ke Menteri Sosial, BNPB hingga pemerintah daerah di Papua Tengah.

"Untuk segera menangani secepat-cepatnya,” sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bilang, salah satu tantangan yang dihadapi di Papua Tengah saat ini adalah karena ada daerah yang tidak dapat ditumbuhi tanaman pada musim salju.

Baca juga : Menko PMK Percepat Program Prioritas Bidang Pembangunan Manusia Di Papua Tengah

“Problemnya, supaya tahu ya, itu adalah daerah spesifik yang kalau di musim salju itu yang namanya tanaman tidak ada yang tumbuh, di ketinggian yang sangat tinggi distrik itu,” ujarnya.

Tak cuma itu, faktor keamanan juga kemudian jadi alasan, karena menghambat pengiriman bantuan makanan ke wilayah terdampak. 

Oleh karena itu, Presiden menginstruksikan Panglima TNI untuk mengawal pengiriman bantuan tersebut.

Baca juga : Menpora Dito Pede Timnas Sepakbola Amputasi Juara Di Malaysia

“Di sana memang problemnya  selalu seperti itu, medannya yang sangat sulit, pesawat yang mau turun pilotnya enggak berani, sehingga problem itu yang terjadi,” tandasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.