Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Anies Selalu Di Peringkat 3

JK Inget Trump Dan Pilgub DKI

Selasa, 1 Agustus 2023 08:00 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia 2004-2009 2014-2019 Jusuf Kalla (tengah) dalam Seminar Anak Muda untuk Politik oleh PUSKAPOL UI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, Senayan, Jakarta, Senin (31/7). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Wakil Presiden Republik Indonesia 2004-2009 2014-2019 Jusuf Kalla (tengah) dalam Seminar Anak Muda untuk Politik oleh PUSKAPOL UI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, Senayan, Jakarta, Senin (31/7). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama ini, Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) dianggap sebagai salah satu pendukung Anies Baswedan. Lalu, bagaimana perasaan JK mengetahui posisi jagoannya itu, selalu berada di urutan ketiga, di bawah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, dalam berbagai survei capres? JK tampak kalem-kalem saja.

JK berkeyakinan, Anies masih punya peluang memenangi Pilpres. Untuk memperkuat keyakinannya itu, JK mengingatkan kemenangan Donald Trump di Pilpres Amerika Serikat (AS) tahun 2016, dan kemenangan Anies di Pilkada DKI tahun 2017.

Hal tersebut diungkap JK kepada wartawan usai menjadi pembicara di litik, di acara Seminar Anak Muda untuk Politik, di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Crivisaya Ganjar Gelar Diskusi Peringati Bulan Bung Karno

JK menganalogikan posisi Anies saat ini seperti Trump pada Pilpres AS tahun 2016. Saat itu, elektabilitas Trump selalu di bawah saingannya, Hillary Clinton, tapi saat pemilihan, Trump berhasil jadi pemenangnya.

“Menurut peneliti, Trump juga rendah sekali elektabilitasnya, tapi Trump terpilih,” sebut JK.

Kemudian, JK juga menyinggung soal kemenangan Anies di Pilkada DKI Jakarta 2017. Saat itu, kata JK, pasangan Anies-Sandiaga Uno tidak dijagokan. Karena elektabilitasnya sangat rendah dibandingkan rivalnya; pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sylviana Murni.

Baca juga : Soal Pasal TPPU Tersangka BTS Kominfo, Kejagung Siap Lawan Gugatan MAKI

“Waktu di DKI juga Anies terendah kan, posisi 3, tapi kemudian dia yang terpilih,” beber Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Lalu, apa kata parpol pengusung Anies? PKS sependapat dengan pernyataan JK. Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri menceritakan perjuangan partainya saat mendukung Anies di Pilgub DKI, 6 tahun lalu.

“PKS mengusung Anies di Pilkada DKI 2017. Di survei, Anies selalu nomor buncit. Namun jadi Gubernur DKI tuh,” ucap Mabruri, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Diperiksa 3 Jam, Syahrul Puji-puji KPK

Dia pun optimis, hal itu akan terjadi juga di Pilpres 2024. Menurut dia, peluang Anies sangat besar memenangi Pilpres.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.