Dark/Light Mode

Anies Selalu Di Peringkat 3

JK Inget Trump Dan Pilgub DKI

Selasa, 1 Agustus 2023 08:00 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia 2004-2009 2014-2019 Jusuf Kalla (tengah) dalam Seminar Anak Muda untuk Politik oleh PUSKAPOL UI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, Senayan, Jakarta, Senin (31/7). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Wakil Presiden Republik Indonesia 2004-2009 2014-2019 Jusuf Kalla (tengah) dalam Seminar Anak Muda untuk Politik oleh PUSKAPOL UI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, Senayan, Jakarta, Senin (31/7). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Senada dikatakan Partai Demokrat. Kepala Badan Komunikasi Strategis dan Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra optimis Anies akan menang Pilpres. Alasannya, mayoritas masyarakat ingin perubahan.

Menurut dia, hal itu bisa dilihat dari dari hasil survei Utting Research yang berbasis di Australia.

Dalam survei itu, 61 persen responden ingin kandidat Capres melanjutkan program pemerintahan Jokowi dengan sejumlah perbaikan, 20 persen ingin kandidat capres membuat visi misi baru dan berbeda. Hanya 18 persen pemilih menginginkan keberlanjutan.

Baca juga : Crivisaya Ganjar Gelar Diskusi Peringati Bulan Bung Karno

“Kami datang ke daerah-daerah dan memang seperti itu, masyarakat memang menginginkan adanya perubahan dan perbaikan dalam semua aspek,” ujarnya.

Karena itu, Herzaky menilai, langkah Demokrat yang bergabung dalam Koalisi Perubahan mengusung Anies sangat tepat. Terlebih, Demokrat juga memiliki jargon perubahan dan perbaikan.

“Rekam jejak Pak Anies sudah terbukti dalam menghadirkan perubahan yang lebih baik dan beliau kerjakan di Jakarta, sehingga di daerah kami mendapat informasi bahwa gelombang dukungan untuk Pak Anies semakin besar dan berpotensi akan bisa naik terus,” terang dia.

Baca juga : Soal Pasal TPPU Tersangka BTS Kominfo, Kejagung Siap Lawan Gugatan MAKI

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai, peluang Anies masih terbuka memenangi Pilpres. Apalagi, jika Pilpres jadi tiga pasang calon. “Jika Anies bisa berhasil masuk ke putaran dua, dia berpeluang jadi Presiden. Mengulang seperti Pilkada DKI,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini Pilpres masih cair. Semua partai masih bisa berubah koalisi.

Untuk diketahui, berdasarkan rilis survei Indikator Politik Indonesia (IPI) terbaru menunjukkan, elektabilitas Prabowo mencapai 36,8 persen, Ganjar mencapai 35,7 persen dan Anies Baswedan 21,5 persen. “6,1 persen tidak tahu atau tidak jawab,” sebut Direktur Eksekutif IPI, Burhanudin Muhtadi, Minggu (23/7).

Baca juga : Diperiksa 3 Jam, Syahrul Puji-puji KPK

Dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Anies ada di posisi ketiga juga, dengan elektabilitas 21,7 persen. Sedangkan Prabowo 34,5 persen dan Ganjar 33,3 persen.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 1/8/2023 dengan judul Anies Selalu Di Peringkat 3, JK Inget Trump Dan Pilgub DKI

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.