Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Menteri Perempuan Hingga Tokoh Wanita Inspiratif Ramaikan Istana Berkebaya

Minggu, 6 Agustus 2023 22:25 WIB
Sejumlah menteri dari kalangan perempuan ikut meramaikan acara Istana Berkebaya, depan Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (6/8). (Foto: Instagram/smindrawati)
Sejumlah menteri dari kalangan perempuan ikut meramaikan acara Istana Berkebaya, depan Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (6/8). (Foto: Instagram/smindrawati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri-menteri perempuan dari Kabinet Indonesia Maju hingga tokoh wanita inspiratif dari berbagai kalangan berjalan bak model di panggung catwalk depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (6/8).

Panggung catwalk ini dihadirkan dalam rangka acara "Istana Berkebaya" rangkaian HUT RI ke-78. Acara ini merupakan inisiatif dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengangkat warisan budaya Indonesia, khususnya kebaya encim khas Jakarta yang perlu dilestarikan.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi ikut hadir dalam acara tersebut. Tampak juga Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Ibu Wury Estu Ma’ruf Amin.

Kepala Negara tampil dengan baju koko sadariah berwarna hitam dilengkapi dengan peci hitam dan sarung hijau yang terbalut di leher. Sedangkan, Ibu Negara terlihat memakai kebaya encim berwarna merah dan kain Betawi dengan warna senada.

Baca juga : Fritz Benamkan Andy Murray

Presiden dalam sambutannya mengatakan, kebaya merupakan lambang dari karakter masyarakat Indonesia yang anggun.

“Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, dan bersahaja,” kata Jokowi.

Sementara Iriana melontarkan pantun saat membuka acara. Pantun ibu negara ini berhasil mengundang tepuk tangan meriah dari hadirin.

“Sebelum acara dimulai, izin Pak Jokowi saya mau berpantun. Bunga menur, bunga raflesia. Mekar sekuntum, merah merona. Citra luhur wanita Indonesia. Pribadi anggun dengan kebaya,” kata Ibu Iriana.

Baca juga : Gus Halim Minta Perempuan Lebih Dilibatkan dalam Pembangunan Desa, Ini Alasannya

Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyatakan tujuan acara Istana Berkebaya adalah untuk menjaga persatuan dan mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya bangsa. Acara ini sesuai dengan semangat HUT ke-78 RI "Terus Melaju untuk Indonesia Maju."

"Acara Istana Berkebaya mengajak kita untuk mencintai dan melestarikan budaya Indonesia serta merajut persatuan dan kesatuan sebagai fondasi yang kokoh bagi kemajuan bangsa," ucap Heru.

Sejumlah peserta dari berbagai kalangan, termasuk menteri perempuan Kabinet Indonesia Maju, istri menteri, anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), dan istri para duta besar tampak antusias mengikuti acara ini.

Salah satunya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Ia mengaku senang bisa ikut berjalan di atas catwalk Istana Berkebaya. Baginya, berjalan di atas catwalk adalah pengalaman pertama.

Baca juga : Menteri Bahlil Dukung Percepatan Realisasi Proyek Baterai EV LG

"Biasanya lari sehari 11 kilometer, hari ini berjalan di atas 'catwalk' 200 meter. 'It's fun', menyenangkan," kata Menlu Retno di depan Istana Merdeka.

Selain itu, tampak juga para aktris dan penyanyi seperti Happy Salma, Ariel Tatum, Raline Shah, Bunga Citra Lestari, Andien Aisyah, Tissa Biani, dan Shareefa Daanish.

Sejumlah tokoh jurnalis perempuan seperti Pemimpin Redaksi Kompas TV Rosianna Silalahi, Pendiri Narasi TV Najwa Shihab hingga Direktur Rakyat Merdeka Ratna Susilowati juga ikut meramaikan Istana Berkebaya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.