Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

34 Perguruan Tinggi Siap Selenggarakan Program Wirausaha Merdeka

Sabtu, 1 Juli 2023 17:42 WIB
Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Sri Gunani Partiwi, saat Program Wirausaha Merdeka WMK Tahun 2023. (Dok. Kemendikbudristek)
Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Sri Gunani Partiwi, saat Program Wirausaha Merdeka WMK Tahun 2023. (Dok. Kemendikbudristek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 34 perguruan tinggi akademik dan perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi telah terpilih sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) Program Wirausaha Merdeka (WMK) Tahun 2023.

Program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tersebut adalah sebagai salah satu implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).  

Program Wirausaha Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan daya kerja mahasiswa.

Baca juga : Pertamina Genjot Program Transisi Energi

Selama belajar di Perguruan Tinggi Pelaksana, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan dari praktisi ahli serta akademisi yang memiliki kepakaran di bidang bisnis.

Serta mempraktikkan secara langsung prinsip-prinsip kewirausahaan yang dipelajari, sehingga mereka mendapatkan gambaran holistik tentang bagaimana menjalankan bisnis yang baik.

“Program Wirausaha Merdeka adalah program yang dirancang untuk bisa menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda yang tidak didasarkan secara langsung, akan tetapi dengan desain perencanaan yang matang. Harapannya bagian pengajaran lebih jelas dengan berbagai kegiatan penguatan sehingga setelah program selesai, pesertanya bisa diakselerasi untuk mampu membangun wirausahanya secara mandiri,” tutur Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi, seperti keterangan yang diterima RM.is, Sabtu (1/7).  

Baca juga : Berdayakan Perempuan, APP Sinar Mas Gelar Program Inkubasi Bisnis

Melalui program ini, mahasiswa akan memperoleh kompetensi dasar seperti kemampuan mengidentifikasi dan merespons peluang, kemampuan membuat perencanaan usaha, serta kepercayaan diri dan orientasi yang terarah.

Pengalaman belajar selama satu semester tersebut diharapkan menjadi nilai tambah yang sangat bernilai sebagai peningkatan kompetensi mahasiswa.  

Pada pelaksanaan program yang pertama di tahun 2022, tercatat lebih dari 11.000 mahasiswa telah mendapatkan kesempatan untuk mengasah kompetensi kewirausahaannya di 17 PTP terpilih.  

Baca juga : Pameran LRT Jabodebek Coming Soon Siap Digelar Di Taman Fatahillah

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kemendikbudristek dan pimpinan Perguruan Tinggi Pelaksana pada Selasa (27/6), yang merupakan bentuk komitmen para pihak dalam menyukseskan pelaksanaan Program WMK tahun 2023.  

“Kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Bapak/Ibu pimpinan PTP yang sudah menyempatkan hadir pada kegiatan hari ini. Kehadiran Bapak/Ibu merupakan bentuk komitmen untuk bersama-sama kami bekerja dengan sungguh-sungguh untuk menyelenggarakan pendidikan kewirausahawan terbaik bagi para mahasiswa,” imbuh Sri.  

Dari 34 PTP yang terlibat dalam pelaksanaan Program WMK Tahun 2023, delapan di antaranya merupakan politeknik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.