Dark/Light Mode

Survei LSI Di Lampung, Pemilih Anies Beralih Ke Prabowo

Senin, 7 Agustus 2023 19:43 WIB
Capres Prabowo Subianto. Foto: Istimewa
Capres Prabowo Subianto. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil peta elektabilitas Pilpres 2024 di Provinsi Lampung. Periode survei dilakukan pada 19-26 Juni 2023. Hasilnya, Prabowo menang head to head melawan Ganjar Pranowo di putaran kedua.

"Bila Pilpres diikuti oleh tiga capres (Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto) maka diperkirakan Pilpres akan berlangsung dua putaran. Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo sama kuat di putaran pertama, namun Prabowo digdaya menang di putaran kedua bila berhadapan dengan Ganjar, dengan selisih yang signifikan yakni 47,7 persen (Prabowo), dan 41,8 persen (Ganjar)," papar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangan resminya, Senin (6/8).

Djayadi menjelaskan, bila Pilpres dilaksanakan pada saat survei dilakukan, dua nama teratas, Prabowo dan Ganjar, sama kuat dalam berbagai simulasi.

Baca juga : PSI Belum Sepenuh Hati Ke Prabowo

Dalam simulasi top of mind (pertanyaan spontan, elektabilitas Prabowo di angka 30,4 persen, sedangkan Ganjar di angka 30,6 persen.

"Sementara dalam simulasi banyak nama semi terbuka, Prabowo memperoleh dukungan sebanyak 36 persen, sedangkan Ganjar 36,4 persen. Keduanya juga sama kuat dalam simulasi pilpres empat dan tiga nama," ujar Djayadi.

Bila yang bersaing adalah Prabowo, Ganjar, Anies, dan Puan Maharani, maka masing-masing mendapat dukungan 38,8 persen (Prabowo), 38,9 persen (Ganjar), 14,8 persen (Anies), dan 0,3 persen (Puan).

Baca juga : Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Terus Meroket

Keadaan yang sama ditemukan bila Pilpres diikuti tiga calon, dengan dukungan sebanyak 38,3 persen (Prabowo) dan 39,7 persen (Ganjar), sedangkan Anies di angka 14,9 persen.

"Selisih elektabilitas Prabowo dan Ganjar sangat tipis atau sama kuat sejak dari simulasi top of mind, banyak nama, hingga tiga nama," paparnya.

Menurut Direktur Eksekutif LSI ini, Prabowo unggul signifikan di putaran kedua dalam survei ini karena sebagian besar pemilih Anies cenderung berpindah ke Prabowo di putaran kedua.

Baca juga : Gibran Dianggap Lebih Nyaman Dengan Prabowo

"Kebanyakan pemilih Anies, adalah pendukung Prabowo di Pilpres 2019, sehingga sangat besar kemungkinan mereka lebih mendukung Prabowo di putaran kedua," tutupnya.

Diketahui, survei ini mengambil sampel sebanyak 810 responden di Dapil DPR RI Lampung I dan jumlah yang sama di Lampung II.

Sampel survei terdistribusi secara proporsional di seluruh wilayah dan representatif dari berbagai aspek demografi seperti gender, usia, agama, dan pendidikan. Sample gabungan dari kedua dapil sebanyak 1620 responden, dan diperkirakan margin of error plus (MoE) minus 2,5 persen. Karena selisih antara Prabowo dan Ganjasr kurang dari margin of error, maka keduanya sama kuat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.