Dark/Light Mode

Demokrat Didekati Lawan

Anies Berusaha Tenang

Selasa, 25 Juli 2023 08:00 WIB
Anies Baswedan. (Foto: Antara)
Anies Baswedan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat seperti gadis cantik pada Pilpres kali ini. Partai yang dikomandoi Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY itu, terus didekati PDIP dan Gerindra. Meski demikian, Anies Baswedan tak khawatir Demokrat akan berpaling ke lain hati.

Demokrat bersama NasDem dan PKS sudah menyatakan diri akan mengusung Anies sebagai capres. Ketiganya membentuk Koalisi Perubahan Untuk Persatuan (KPP).

Baca juga : NasDem Ngarep Demokrat Sosialisasikan Anies

Namun, belakangan Demokrat terus digoda oleh PDIP dan Gerindra. PDIP yang dipimpin oleh Ketua DPP Puan Maharani sudah melakukan pertemuan politik di sekitaran Stadion Bung Karno (GBK), Senayan, Minggu (18/6). Pasca ketemuan itu, kedua partai makin lengket dan saling memuji.

Yang terbaru, Puan menyebut AHY sebagai salah satu dari lima bakal Cawapres Ganjar Pranowo. Kelima nama itu adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata yang juga Ketua DPP PPP Sandiaga Uno, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, AHY, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

Baca juga : Di Bursa Cawapres, Erick Tak Tertandingi

alias Cak Imin.

“Dulu ada 10 nama, sekarang sudah mengerucut ke lima nama,” kata Puan, saat menghadiri puncak perayaan Hari Lahir (Harlah) Ke-25 PKB di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/7).

Baca juga : Peringati Tahun Baru Islam, Relawan Sintawati Gelar Beragam Kegiatan

Selain oleh PDIP, Demokrat juga dirayu Gerindra untuk merapat ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Rayuan itu disampaikan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani saat mengunjungi kantor DPP Demokrat di Jalan Proklamasi, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sebelum pulang, Muzani mengatakan, jika Demokrat bergabung dengan koalisi Gerindra, Capres Prabowo Subianto akan semakin kuat. Mendengar ajakan itu, elite Demokrat yang hadir tersenyum.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.