Dark/Light Mode

Gibran Dianggap Lebih Nyaman Dengan Prabowo

Sabtu, 29 Juli 2023 14:20 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) saat bertemu Ketua Umum Partai Golkar Prabowo Subianto (Foto: Tim Media Prabowo)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) saat bertemu Ketua Umum Partai Golkar Prabowo Subianto (Foto: Tim Media Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pernyataan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bahwa dirinya bukan juru kampanye (jurkam) Capres PDIP Ganjar Pranowo, bisa menjadi peluang bagi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk terus memepetnya. Pengamat politik Igor Dirgantara menyatakan, pernyataan itu menunjukkan bahwa Ganjar lebih nyaman dengan Prabowo.

Pernyataan Gibran bahwa dirinya bukan jurkam Ganjar disampaikan usai menghadiri Perayaan Hari Lanjut Usia Nasional 2023, di Stadion Manahan Solo, Kamis (20/7). Saat itu, Gibran menegaskan, masih banyak politisi senior yang lebih mampu menjadi juru kampanye.

"Saya bukan jurkam, kan belum masuk masa kampanye. Jurkam ki sing senior (jurkam itu yang senior)," ucapnya.

Baca juga : Gibran Masih Berpeluang Dukung Prabowo, Ini Analisanya

Igor mengatakan, kemungkinan Gibran lebih nyaman dengan Prabowo, yang beberapa kali tampil akrab bersamanya. Menurutnya, Gibran juga masih berpeluang menjadi Cawapres Prabowo jika Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan soal usia Capres dan Cawapres dalam Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Jika MK mengabulkan gugatan tersebut, bukan tidak mungkin Gibran akan menjadi Cawapres Prabowo Subianto,” tutur Igor, Sabtu (29/7).

Selain itu, Igor juga menangkap sinyal dukungan yang memang semakin menguat dilayangkan kepada Prabowo. “Dukungan dari Relawan Jokowi dan Relawan Gibran, kemudian Musra Projo menempatkan Prabowo di urutan satu Capres 2024,” terangnya.

Baca juga : Polling ILC: Ganjar Posisi Pertama, Ungguli Anies Dan Prabowo

Igor melanjutkan, Prabowo merupakan Capres yang berkomitmen melanjutkan program dan kebijakan Presiden Jokowi. Bahkan, pada Forum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Prabowo tidak ragu mengakui keberhasilan Pemerintahan Jokowi.

Menurut Igor, ini merupakan dengan Gibran. Kalau mereka berduet, akan menjadi kombinasi yang kuat di Pilpres 2024.

“Gibran merepresentasikan Gen Z dan milenial. Sedangkan Pranowo, dalam berbagai survei menunjukkan keunggulan dibandingkan capres lain di usia pemilih muda, terutama pemilih pemula. Hati nurani Gibran Rakabuming sendiri yang terlihat dari sikapnya yang nyaman saat bersama Prabowo,” jelas Igor.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.