Dark/Light Mode

Aksara Jawa, Sarana Komunikasi Dan Identitas Budaya Di Era Digital

Selasa, 8 Agustus 2023 09:30 WIB
Akasara Jawa menjadi sarana komunikasi dan sebagai identitas budaya di era digital. (Foto: Istimewa)
Akasara Jawa menjadi sarana komunikasi dan sebagai identitas budaya di era digital. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat di era digital, budaya dan tradisi bangsa Indonesia masih menjadi kekayaan yang membanggakan. Salah satu aspek penting dalam menggali dan melestarikan budaya Indonesia adalah melalui penggunaan bahasa dan aksara Jawa lengkap.

Aksara Jawa merupakan salah satu bentuk aksara tradisional Indonesia yang kaya akan sejarah dan nilai-nilai budaya. Di era digital, keberadaan aksara Jawa menjadi semakin penting sebagai sarana komunikasi yang unik dan sebagai identitas budaya bangsa Indonesia.

Baca juga : Jadi Tersangka, Kabasarnas Dan Anak Buahnya Ditahan Di Puspom Militer AU Halim

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai salah satu jenis tulisan yang masih menjadi kebudayaan bangsa tersebut. Namun perlu diketahui, bahwa artikel yang kami rangkum dari www.kompiwin.com, yang pastinya diulas dan dibahas lebih lengkap.

Sejarah dan Perkembangan Aksara Jawa
Aksara Jawa merupakan sistem penulisan yang telah digunakan oleh masyarakat di pulau Jawa sejak zaman kuno.

Baca juga : Sahabat Ganjar Senam Sehat Dan Pelatihan Budidaya Anggrek Di Banten

Aksara ini dipercaya berasal dari aksara Kawi yang telah ada sejak abad ke-4 Masehi. Penggunaan aksara Jawa mencapai puncaknya pada masa kejayaan kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Nusantara.

Selama berabad-abad, aksara Jawa menjadi tulisan resmi dan digunakan untuk mendokumentasikan berbagai karya sastra, kitab-kitab agama, serta naskah-naskah klasik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.