Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Bantu Promosi Dan Kerek Omzet

Crivisaya Ganjar Borong Produk UMKM Dan Bagikan Ke Warga Di Kota Palembang

Selasa, 8 Agustus 2023 14:19 WIB
Generasi alumni muda Universitas Sriwijaya Unsri dan Universitas Lampung Unila yang tergabung dalam kelompok sukarelawan Crivisaya Ganjar membantu mempromosikannya, Minggu (6/8). (Foto: Ist)
Generasi alumni muda Universitas Sriwijaya Unsri dan Universitas Lampung Unila yang tergabung dalam kelompok sukarelawan Crivisaya Ganjar membantu mempromosikannya, Minggu (6/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Palembang sangat membutuhkan bantuan untuk memasarkan produk mereka.

Oleh karena itu, generasi alumni muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) yang tergabung dalam kelompok sukarelawan Crivisaya Ganjar membantu mempromosikannya, Minggu (6/8).

"Hari ini kegiatannya adalah Contract For Difference (CFD) yaitu untuk mempromosikan UMKM yang ada di Kota Palembang," kata Koordinator Crivisaya Ganjar, Sri Agria.

Pada pelaksanaannya, para sukarelawan Ganjar itu mendatangi tenda-tenda pedagang kaki lima di depan Kampus Universitas Muhammad Kecamatan Plaju, Kota Palembang.

Mereka terlebih dulu mengajak para pedagang berdialog untuk mengetahui kondisi penjualan selama ini, kemudian memborong produk makanan-minuman dari para pedagang untuk dibagikan kepada warga yang melintas.

Baca juga : Ganjar Sukses Bangun Sistem Pencegahan Korupsi Di Jateng

Ria mengatakan tujuan mereka mentraktir warga adalah untuk mempromosikan produk buatan UMKM sekaligus menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024-2029.

"Tujuannya untuk mempromosikan UMKM yang ada di (Universitas) Muhammadiyah Plaju ini. Agar, masyarakat luas bisa tahu dan bisa berkembang UMKM yang ada di Palembang ini tentunya," tuturnya.

Untuk menarik perhatian warga dan pengguna jalan raya, para sukarelawan Crivisaya bediri di pinggir jalan sambil mengangkat kertas bertuliskan "Crivisaya Ganjar Traktir".

Tak pelak, aksi tersebut berhasil menarik minat warga untuk datang dan mencoba produk yang ditawarkan para pelaku UMKM seperti jagung keju mozarella, cireng, dimsum dan berbagai jenis minuman.

"(Pedagang dan warga) sangat antusias sekali. Apalagi ada tulisan traktir. Benar kan? Karena, UMKM Palembang ini sangat berinovasi dari mulai makanan dan minumannya sangat banyak sekali (variasinya)," kata Ria.

Baca juga : Mak Ganjar Bantu Emak-emak Hadapi Kenaikan Harga Cabe

Dari hasil dialog dengan para pedagang di sana, dia menjelaskan kendala yang dihadapi selama ini berupa harga bahan makanan-minuman yang mahal, mencari lokasi yang strategis untuk berjualan hingga terkendala dalam hal promosi.

Selama ini, para pedagang biasanya mempromosikan produk-produk mereka melalui media sosial tapi hal itu dinilai belum cukup tanpa promosi langsung seperti yang dilakukan kelompok sukarelawan Ganjar.

Kegiatan tersebut diapresiasi para pelaku UMKM seperti diungkapkan salah seorang pedagang bernama Asiah yang berjualan produk jagung keju mozarella.

"Alhamdulillah banyak sekali (warga yang datang ke tendanya). Tanggapannya, sangat berterima kasih sekali atas kegiatan ini karena dapat meningkatkan penghasilan kami pada hari ini," tutur Asiah semringah.

Kegiatan positif yang dilakukan para sukarelawan Crivisaya kali ini berhasil meningkatkan dukungan dari para pelaku UMKM untuk Ganjar Pranowo menjadi presiden periode selanjutnya.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pertunjukan Musik Calung Di Kota Bandung

Asiah mewakili para pelaku UMKM di Kota Palembang berharap Ganjar bisa terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia dan lebih memperhatikan para pelaku UMKM lokal.

"Harapannya untuk Pak Ganjar kalau terpilih (menjadi presiden 2024-2029) agar lebih memperhatikan lagi para (pelaku) UMKM. Kami yang pasti, yang pertama, intinya perlu ada (bantuan) promosi," ujarnya mengakhiri wawancara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.