Dark/Light Mode

Capaska Mulai Latihan Bersama Dengan Paspampres

Selasa, 8 Agustus 2023 22:01 WIB
Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) latihan bareng dengan Tim Paskibraka Paspampres. (Foto: Ist)
Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) latihan bareng dengan Tim Paskibraka Paspampres. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Tingkat Pusat 2023 mulai melaksanakan latihan bersama dengan Tim Paskibraka dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Depok, hari ini.

Sebelumnya, 76 putera-puteri daerah terpilih ini sudah menjalani Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Tingkat Pusat dengan berbagai materi, latihan fisik, dan baris berbaris dari tanggal 15 Juli dan akan berakhir pada 23 Agustus 2023.

Baca juga : 20 Ribu Relawan Di Bogor Bakal Deklarasikan Dukungan Cak Imin Nyapres

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agristina mengatakan, pada latihan gabungan ini, para pelatih akan menilai para Capaska yang akan bertugas sebagai Tim Delapan. Koordinator Paskibraka Nasional itu juga menambahkan, penilaian dilakukan secara menyeluruh, bukan hanya berdasarkan kemampuan baris berbaris.

“Mulai hari ini, anak-anak akan dinilai, siapa-siapa saja yang akan menjadi pembawa baki, pengibar, dan pengerek Bendera,” kata Rima, dalam keterangan tertulis.

Baca juga : Biar Lamaran Berkesan, Pura-pura Ditangkap

Rima menambahkan, momentum pengibaran bendera merupakan momentum sakral bagi Bangsa dan Negara Indonesia dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi setiap tahunnya. “Maka dari itu, penilaiannya bukan hanya dia pintar PBB, tapi juga dilihat dari mental mereka karena pressure di Istana Merdeka nanti akan sangat besar. Semua mata melihat momen sakral Pengibaran Sang Saka Merah Putih. Jangan sampai mereka tremor gara-gara tengang atau gemetar," tegasnya.

Selain Paskibraka dan Paspampres, latihan gabungan Paskibraka ini digelar lengkap dengan perangkat upacara lainnya. Lapangan tempat latihan disesuaikan dengan ukuran dan layout lapangan upacara di Istana Merdeka.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.